SUARA INFORMASI MASYARAKAT

SUARA INFORMASI MASYARAKAT

Minggu, 29 Maret 2015

KPK FOKUS-KOMISI TIGA-BUNDA PAUD- I-3



Ketua KPK : Pencegahan Tipikor Beri Pemasukan 34 T ke Kas Negara

KPK Fokus Cegah Korupsi Sektor Sumber Daya Alam

Medan,(MPO)
Komisi Pemberantasan  Korupsi atau KPK  menegaskan sedang fokus  kepada upaya pencegahan tindak pidana korupsi bidang sumber daya alam diantaranya sektor kelautan yang potensi pendapatannya cukup besar.

"Kefokusan itu mengacu keyakinan KPK bahwa korupsi yang terjadi di sektor SDA (sumber daya alam), tidak hanya akan merugikan negara, tetapi menjadi bukti kegagalan negara dalam mengelola SDA untuk mensejahterakan rakyat,"kata Ketua KPK sementara, Taufiqurrahman Ruki di Medan, Selasa (24/3).

Dia mengatakan itu pada Rapat Monitoring dan Evaluasi Gerakan Nasional Penyelamatan SDA  Indonesia Sektor Kelautan di Kantor Gubernur Sumut.  Hadir pada acara itu empat gubernur mulai Gubernur Sumut H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si, Gubenur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno, Pelaksana tugas Gubernur Riau  H. Arsyadjuliandi Rachman, Gubernur Aceh yang  diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Azhari dan  Kepala BPKP Ardan Ardi Perdana.
Dia memberi contoh dengan pencegahan terbukti lebih banyak bermanfaat bagi masyarakat dan negara. Dengan pencegahan operasional kapal ikan ilegal khususnya asing, misalnya, negara asing mengakui banyaknya hasil kelautan Indonesia.

Dia menyebutkan selama dua tahun dengan melakukan pencegahan melalui tertib administrasi, koordinasi dan pembenahan dalam pengelolaan sumberdaya alam diperoleh Penerimaan Negara Bukan Pajak mencapai Rp 34 Triliyun. khusus bidang mineral dan batubara tidak kurang pemasukannya 10 Triliun. sementara dari aspek penindakan, selama 13 tahun KPK melakukan penindakan hanya dapat dikembakikan Rp 13 Triliun.

"Buktinya beberapa negara asing sedang  kekurangan pasokan ikan.Baru tahu atau menyadari  mereka ikan mereka tergantung dari  Indonesia,"katanya. Dia menjelaskan, setiap tahun ikan yang  melintas  di kawasan laut Indonesia cukup besar.
"Jadi mari kita jangan bicara pemberantasan korupsi dalam aspek yang keras, namun dari aspek pencegahan,"katanya. Ketua KPK itu menegaskan, kalau dikelola benar, maka hasil kelautan Indonesia cukup besar untuk  kemakmuran rakyat.

Mengingat pentingnya pencegahan, maka KPK dewasa ini melakukan pemantauan  proses perizinan apakah ada terjadi korupsi.Kalau ada, katanya,  maka sistemnya harus dirubah.Taufiqurrahman menegaskan, Pemerintah benar-benar serius soal pencegahan korupsi SDA sektor kelautan.

Pada tanggal 18 Maret lalu misalnya ada penandatanganan  deklarasi antara TNI, Polri, Kejaksaaan Agung dan KPK yang intinya tidak akan membiarkan pelanggaran  hukum di SDA yang merugikan rakyat baik langsung  dan tidak langsung. Seperti penggunaan alat yang mengganggu operasional nelayan tradisional.  

Gubernur Sumut H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si menegaskan, Pemprov Sumut sedang dan terus berupaya mensejahterakan nelayan, antara lain dengan memberi asuransi. "Sumatera Utara adalah provinsi yang pertama memberikan asuransi kepada nelayan, dari tahun 2011 hingga saat ini jumlah nelayan yang sudah diasuransikan sebanyak 3.342 nelayan. Namun dari jumlah nelayan Sumut sebanyak 27.679 jiwa," ujarnya.

Gubsu mengaku jumlah itu masih minim,  Oleh karenanya dia minta bantuan pemerintah pusat dan juga pemerintah kabupaten/kota ikut mengalokasikan anggaran perlindungan jiwa bagi nelayan yang memang memilii risiko tinggi dalam operasionalnya. Menurut Gatot, di Sumut, dengan panjang pantai  1.300an  kilomter, terpanjang atau , 554 kilometer berada di pantai timur dan sisanya di Nias dan Pantai Barat.

Gubsu menyebutkan dari  33 kabupaten/kota, 17 daerah tercatat  memiliki  wilayah laut. Namun diakui dari  potensi perikanan yang sebanyak 842 ton baru bisa dieksplor 67 persen.  Makanya, kata Gubsu, selain terus melakukan pemberdayaan SDM Kelautan, juga dilakukan penertiban  perizinan.

Dirjen Pengawasan Sumber Daya Perikanan dan Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan,
 Asep Burhanuddin  menegaskan, dengan dilakukannya pencegahan atau pengstop-an opperasi kapal asing ilegal,  maka jumlah kapal yang beroperasi di wilayah Indonesia sudah berkurang banyak.   Dengan berkurangnya operasional di wilayah Indonesia, maka hasil tangkapan semakin besar sehingga menekan terjadinya konflik nelayan antardaerah seperti yang terjadi selama ini.

Pemerintah diakui, masih terus melakukan toleransi hingga September untuk sanksi penggunaan alat tangkap tidak ramah lingkungan  dengan hanya memberi sanksi hukum administrasi.Dia menyebutkan, sejak Januari hingga Maret, KKP  sudah memproses hukum 49 kapal asing yang membuat kapal asing yang bersileweran selama ini berhati-hati bahkan takut.  Padahal tahun 2014 hanya 31."Bisa dibandiingkan keefektifan pencegahan dimana hanya tiga bulan kerja bisa lebih dari satu tahun kerja selama ini,"katanya.

Asep menegaskan, dengan penekanan operasional kapal ilegal, maka sekitar lima juta ton ikan hasil laut tidak keluar dari Indonesia.  Terkait perturan menteri soal alat tangkap pihaknya sudah memberikan sanksi meski masih cenderung berupa sanksi administrasi.  "Minimalisir sanksi hukum karena hasil pengamatan, tangkapan itu menjadi mata pencaharian utama untuk menghidupi anak dan isterinya,"katanya. Makanya,  pemda diharapkan mensosialisaikan soal peraturan terebut.
Karena kegiatan ini fokus pada upaya-upaya mengimplementasikan isi buku SUMUT BANGKIT, maka Majelis Ta’lim ini kemudian diberi nama Majelis Ta’lim “Sumut Bangkit”.(dks. nn)

Komisi III Tunggu Surat dari Bamus DPR

 untuk Bahas Calon Kapolri

Komisi III Tunggu Surat dari Bamus DPR untuk Bahas Calon KapolriJakarta (MPO) - Komisi III DPR belum mengagendakan fit and proper test calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti. Ini karena Komisi III belum menerima surat dari Badan Musyawarah DPR.

"Kita akan tunggu mekanisme di DPR dulu. Karena sampai hari ini saya cek di Komisi III, belum ada surat dari Bamus," kata Wakil Ketua Komisi III Trimedya Pandjaitan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2015).

Setelah ada surat dari Badan Musyawarah yang menugaskan fit and proper test calon Kapolri ke Komisi III, baru para anggota mengadakan rapat internal. Hingga saat ini, Komisi III masih membutuhkan penjelasan lebih lanjut dari Presiden Joko Widodo tentang surat pengajuan Komjen Badrodin ke DPR.

Pekan lalu, Komisi III sudah mengadakan rapat internal dengan kesimpulan meminta rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo. Kemudian, Istana menyebutkan akan mengutus Menko Polhukam dan Menkum HAM untuk memberi penjelasan.

Komisi III belum membahas apakah mereka bisa menerima bila penjelasan itu cukup disampaikan oleh menteri. Bila dalam rapat internal komisi menyetujui penjelasan diberikan oleh menteri, maka pembahasan dapat berlanjut.

"Kalau penjelasannya Menko Polhukam dan Menkum HAM bisa diterima, tidak ada masalah," ujar politikus PDIP ini.

Bagaimana dengan sikap PDIP sendiri terkait pencalonan Komjen Badrodin sebagai Kapolri?

"Tergantung, kita lihat dulu penjelasannya," ucap Trimedya.(dtn)

Ajak Tingkatkan Mutu Paud Daerah

Bunda Paud Ny. Sutias Silahturahmi dengan Bunda Paud Se Sumut

Medan,(MPO)
Bunda Paud Sumatera Utara Hj. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho kembali mengajak para bunda Paud se Sumut untuk meningkatkan Pendidikan Anak Usia Dini di daerah. Hal itu disampaikannya pada saat silaturahmi Bunda Paud se Sumut, Sabtu (21/3) di rumah Dinas Gubernur Jln Jendral Sudirman Medan.

Pada kesempatan itu hadir Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolong mendampingi Bunda Paud Samosir Roma Arta Sitinjak, B.Sc, Bunda Paud Kabupaten Humbang Hasundutan Ny Anny Risman Maddin Sihombing, Kabupaten Pakpak Barat Ny Dewi Remigo Berutu, Kabupaten Palas Ny Yusra Hasibuan, Kabupaten Langkat Ny Nuraida Ngogesa, Kabupaten kota Padang Sidempuan Ny Ade Aan Andar serta sejumlah perwakilan Bunda Paud lainnya.

Sutias mengatakan kegiatan silaturahmi Bunda Paud se Sumut ini, selain untuk saling tukar pikiran dan informasi , juga mengambil momen pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara, Jumat (20/3) malam. "Karena masih suasana pembukaan PRSU, dan kepala daerah berkumpul di Medan ,maka saya kesempatan ini dipergunakan untuk silaturahmi para bunda Paud se Sumut,"paparnya.

Pada pertemuan itu Sutias tak hanya mengajak para bunda Paud untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini di daerah masing-masing. Hal itu menurutnya akan berpengaruh angka partisipasi kasar (APK) pendidikan karena akan berdampak pada tingkat pendidikan dimulai dari usia dini hingga pendidikan selanjutnya.

"Bila kita ingin meningkatkan pendidikan di daerah, sudah seharusnya dimulai dari pendidikan anak usia dini. Karena akan berdampak pada APK Sumut,"ujar Sutias lagi.

Pada kesempatn itu Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal dan Pendidikan Anak Usia Dini (FNFI dan PAUD) Disdik Provsu Hj Yulheni MPd menjelaskan presentasi APK mempengaruhi alokasi penyaluran anggaran pendidikan. Dan ini akan mempengaruhi pendidikan di Sumut.

"Bila APK kita sedikit sudah tentu kita akan mendapatkan anggaran minim pula, dan akan mempengaruhi pendidikan di Sumut,"jelasnya.

Pada kesempatan itu Yulheni yang akrab dipanggil Nani mengatakan bahwa Bunda Paud Sumatera Utara mendapat juara pertama bidang kemitraan.  "Sebagai Juara pertama Bunda Paud Sumut menjadi motivasi para bunda Paud di daerah selain membangun satu paud satu desa, juga ikut lomba Paud di tingkat nasional,"ujarnya

Seperti yang diketahui pendidikan anak usia dini sangat penting sebagai masa emas untuk dapat melanjutkan pendidikan selanjutnya.(dks. nn)


Diperkirakan Per Tahun 18 Ribu Korban Tewas

Menhan: Narkoba Ancaman Pertahanan

Medan,(MPO)
Menteri Pertahanan Jend TNI Purn Ryamizard Ryacudu memaparkan bahwa narkoba menjadi salah satu ancaman negara sehingga menjadi urusan pertahanan. Menurutnya hukuman mati bagi gembong pengedar narkoba pantas dibanding dengan  perkiraan 18 ribu korban tewas karena narkoba setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan Ryamizard saat menghadiri ramah tamah dengan Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si di Rumah Dinas Gubernur, Rabu (18/3) malam. Hadir pula Wakil Gubsu Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si, Walikota Medan Dzulmi Eldin, unsur Forum Koorsinasi Pimpinan Daerah  Rektor, Forum strategis, Pepabri dan Lembaga Veteran RI dan unsur SKPD.

"Soal hukuman mati, memang kita lihat kasihan, katanya melanggar HAM, tapi saya membela 240 juta orang Indonesia," tegasnya usai makan malam bersama. Dalam kunjungannya baru-baru ini ke beberapa negara diantaranya Malaysia, Singapura, Perancis, Australia, Jepang, Ryamizard mengaku menyampaikan sikap RI terkait hukuman mati bagi gembong narkoba.

"Di indonesia setiap hari 40-50 orang mati, maka kalau dihitung  setahun 18 ribu yang tewas karena narkoba," ujarnya. Jadi, lanjutnya, jangan lihat satu orang yang tewas karena dihukum mati. Bagaimana dengan 4.500 pemakai yang sedang menjalani rehabilitasi, dan  1.2 juta yang sudah sulit diobati, menunggu mati.


Rymizard  mengungkapkan para gembong narkoba meski sudah dipenjara, tidak bertobat. Malah mengendalikan peredaran narkoba dari dalam penjara. Selain ancaman narkoba, Ryamizard juga mengungkan ancaman  lain yang dihadapi bangsa yaitu teroris, bencana, pelanggaran perbatasan, pencurian sumber daya manusia, penyakit menular dan perang cyber.  "Apapun yang mengancam menjadi urusan pertahanan," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si mengungkapkan bahwa tahun ini Sumut mendapatkan target dari Pemerintah Pusat untuk merehabilitasi 3.777 orang dari target 100.000 secara nasional. Saat ini menurutnya yang dirawat diinstitusi pemerintah termasuk Kodam sebanyak 2.898 orang, sementara di komponen masyarakat ada 879 orang.(dks. nn)
 --------------------------------------------------------------------------------------------------------
  Maret ke 3     2015






 Dengan Membayar PKB Dan

 BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin


 Keabsahan Kepemilikan Kenderaan 
Bermotor Anda------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Praperadilan SDA Dimulai, Ruang Sidang Dipenuhi Loyalis

Jakarta (MPO)- Sidang permohonan praperadilan yang diajukan Suryadharma Ali (SDA) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) dimulai. Ruang sidang dipenuhi loyalis SDA.

Pantauan detikcom, sidang dimulai sekitar pukul 09.59 WIB. Dari pihak SDA diwakili tim kuasa hukumnya yang digawangi Humphrey Djemat. Kemudian dari pihak termohon diwakili tim dari biro hukum KPK.

"Sidang dibuka untuk umum," ucap hakim tunggal Tati Hadiyati di ruang sidang PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (30/3/2015).

Terlihat ruang sidang telah dipenuhi loyalis SDA. Puluhan ibu-ibu yang mengenakan jilbab serta bapak-bapak yang berpeci telah duduk secara tertib untuk mengikuti sidang.

Setelah membuka sidang, hakim Tati mengawalinya untuk memeriksa surat kuasa serta kelengkapan berkas. Satu per satu, baik dari kuasa hukum pemohon serta kuasa ‎hukum termohon mengajukan surat kuasa.

Selain praperadilan SDA, PN Jaksel juga akan mengadakan sidang praperadilan yang diajukan tersangka Hadi Poernomo dan Suroso Atmo Martoyo. Keduanya juga mengajukan permohonan praperadilan melawan KPK (dtn)

Gempa 7,7 SR Guncang Lepas Pantai Papua Nugini

Jakarta (MPO) - Gempa mengguncang lepas pantai dekat Pulau New Britain, Papua Nugini. Belum dipastikan apakah tsunami bisa terjadi akibat gempa berkekuatan 7,7 skala Richter ini. Sejumlah warga di lepas pantai dekat Papua Nugini dan Kepulauan Solomon diminta tetap waspada.

Dilaporkan, gempa terjadi di 54 kilometer dari kota Kokopo Panguna di Pulau New Britain, dengan kedalaman sekitar 65 kilometer, demikian laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Seorang karyawan di Rabaul Hotel, dekat Kokopo, mengatakan kepada ABC bahwa getaran tanah bisa dirasakan sekitar lima menit. Tetapi belum terlihat adanya kerusakan besar.

Sementara itu Pusat Peringatan Tsunami Pacific di Hawaii mengatakan, "berdasarkan parameter gempa awal ... gelombang tsunami berbahaya mungkin terjadi bagi pantai yang terletak sekitar 1.000 kilometer dari pusat gempa di sepanjang pantai Papua Nugini dan Kepulauan Solomon".

Lokasi gempa di lepas pantai Papua Nugini. Foto: GDACS



Tidak ada kepastian soal Tsunami Pasifik yang merusak, tetapi gelombang mencapai 1 sampai 3 meter di atas permukaan air pasang mungkin terjadi di sejumlah lepas pantai di Papua Nugini.

Gelombang kurang dari 30 cm di atas permukaan air pasang diperkirakan terjadi di sejumlah lepas pantai di Australia, Jepang, Filipina, Kaledonia Baru, Northern Marianas, Guam, Palau, Yap, Pohnpei, Chuuk, Kosrae, Kepulauan Marshall, Fiji, Samoa, Kepulauan Cook, Tokelau, Vanuatu, Kiribati, Nauru, Pulau Wake, Johnston Island, Howland and Baker, Tonga, Tuvalu, Wallis and Futuna, Kepulauan Solomon, Indonesia dan sejumlah Kepulauan Hawaii.

"Mereka yang terletak di wilayah pesisir yang terancam diminta untuk tetap waspada dan ikuti terus informasi, serta mengikuti instruksi dari pemerintah pusat dan daerah," kata Pusat Peringatan Tsunami Pacific.
(nwk/nwk) (dtn)

KESEHATAN

Kenali 6 makanan yang mampu kuatkan ginjal!

 -Kenali 6 makanan yang mampu kuatkan ginjal! 
Ilustrasi ginjal. ©eheandme.com
  Penyakit ginjal paling sering dikaitkan dengan orang-orang dengan diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan mereka yang berusia lebih dari 60 tahun. Riwayat keluarga juga dapat menempatkan seseorang pada risiko penyakit ginjal. Selain itu, obesitas, penyakit autoimun, infeksi saluran kemih dan infeksi lainnya juga berkontribusi terhadap risiko terkena penyakit ginjal. Berikut adalah makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk menguatkan ginjal.

1. Paprika merah

Paprika merah adalah pilihan yang baik untuk mereka yang peduli tentang kesehatan ginjal, karena paprika merah rendah kalium. Selain itu, paprika ini juga mengandung banyak vitamin A, C, B6, asam folat, dan serat.

Mereka juga mengandung antioksidan likopen, yang melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. Anda bisa memanggangnya atau menambahkan paprika merah pada omelet.

2. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang kaya fitokimia, senyawa kimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Fitokimia bekerja untuk memecahkan radikal bebas. Fitokimia juga diyakini dapat memerangi kanker dan mendukung kesehatan jantung.

Kubis juga banyak mengandung vitamin K dan C, tinggi serat dan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat, namun itu juga rendah kalium, sehingga sangat ramah untuk ginjal.

3. Kembang kol

Ini juga termasuk makanan super yang sangat ramah pada ginjal. Sayuran ini mengandung banyak vitamin C, folat dan serat. Selain itu, kembang kol juga mengandung senyawa yang dapat membantu hati menetralisir zat beracun.

Kembang kol dapat dimakan mentah dengan saus atau salad. Anda juga bisa menumisnya jika ingin. Namun jangan sampai terlalu layu karena vitaminnya bisa hilang.

4. Bawang putih

Bawang putih baik untuk mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol. Itu juga mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti-pembekuan. Memasak bawang putih tidak akan mempengaruhi sifat antioksidan, tetapi akan mengurangi efek anti-pembekuan dan anti-inflamasinya.
5. Bawang merah
Bawang merah kaya flavonoid, khususnya quercetin. Flavonoid merupakan bahan kimia alami yang mencegah penumpukan lemak dalam pembuluh darah dan menambah pigmentasi (warna) ke tanaman. Quercetin merupakan antioksidan kuat yang diyakini dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan melindungi tubuh terhadap segala jenis kanker. Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi.
6. Apel
Tinggi serat dan memiliki sifat anti-inflamasi, apel dapat membantu mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.
Inilah enam makanan sehat yang baik untuk ginjal Anda.(MC)

Apakah penyakit radang selaput otak Olga Syahputra menular?

Apakah penyakit radang selaput otak Olga Syahputra menular?Olga Syahputra adalah seorang komedian dan presenter papan atas Indonesia yang berpulang pada hari Jumat kemarin, (27/3). Setelah didiagnosis menderita meningitis, pria bernama asli Yoga Syahputra ini memutuskan untuk mundur sejenak dari hingar-bingar dunia hiburan. Bagi Anda yang belum terlalu jelas tentang apa itu meningitis, apa penyebabnya, dan bagaimana gejalanya, berikut kami sajikan ulasan selengkapnya yang diambil dari Mayo Clinic.

- Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Tanda-tanda awal meningitis hampir mirip dengan influenza. Dan gejala penyakit ini dapat berkembang selama beberapa jam atau lebih, atau selama dua hari.
Gejala awal yang mungkin terjadi pada orang yang terjangkit meningitis:
- Demam tinggi yang terjadi secara tiba-tiba
- Sakit kepala parah yang terus-menerus
- Hilang fokus/Sulit berkonsentrasi
- Muntah
- Leher kaku
- Tidak nafsu makan
- Kejang
- Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Tanda-tanda awal meningitis hampir mirip dengan influenza. Dan gejala penyakit ini dapat berkembang selama beberapa jam atau lebih, atau selama dua hari. Gejala awal yang mungkin terjadi pada orang yang terjangkit meningitis:
- Demam tinggi yang terjadi secara tiba-tiba
- Sakit kepala parah yang terus-menerus
- Hilang fokus/Sulit berkonsentrasi
- Muntah
- Leher kaku
- Tidak nafsu makan
- Kejang

Penyebab- Meningitis umumnya berasal dari infeksi virus, tetapi itu juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi jamur juga dapat menyebabkan meningitis, namun kondisi ini masih jarang terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab meningitis:

- Meningitis bakteri akut umumnya terjadi karena masuknya bakteri ke aliran darah dan berpindah ke otak dan sumsum tulang belakang. Namun, hal itu juga bisa terjadi sebagai akibat dari infeksi sinus atau telinga, patah tulang tengkorak, atau setelah operasi, sehingga bakteri langsung menyerang meninges.
- Meningitis viral tergolong ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Sekelompok virus yang dikenal sebagai enterovirus menjadi penyebab dari jenis meningitis ini. Virus terebut cenderung menyebar di akhir musim panas dan awal musim gugur. Virus seperti virus herpes simplex, HIV, gondok, virus West Nile dan lain-lain juga dapat menyebabkan meningitis viral.
- Meningitis kronis terjadi ketika organisme tumbuh secara lambat dan kemudian menyerang selaput dan cairan otak. Meskipun meningitis akut menyerang secara tiba-tiba, meningitis kronis berkembang lebih dari dua minggu atau lebih. Namun demikian, tanda-tanda awal meningitis kronis - sakit kepala, demam, muntah dan sulit fokus - serupa dengan meningitis akut.
- Meningitis jamur relatif jarang ditemui dan dapat berubah menjadi meningitis kronis. Namun, jenis meningitis ini tidak menular dari orang ke orang. Meningitis kriptokokus adalah jenis jamur yang umum ditemukan pada penyakit yang mempengaruhi orang-orang dengan defisiensi imun, seperti AIDS.
- Meningitis juga bisa dipicu oleh sesuatu yang tidak menular, seperti reaksi kimia, alergi obat, beberapa jenis kanker dan penyakit inflamasi seperti sarkoidosis.

Faktor risiko

 Berikut adalah beberapa faktor yang membuat seseorang berisiko terjangkit meningitis:
- Tidak menerima vaksin
Orang yang belum pernah mendapatkan vaksin meningitis memiliki risiko lebih tinggi terjangkit penyakit ini.
- Usia
Sebagian besar kasus meningitis viral terjadi pada anak di bawah 5 tahun. Sementara itu, meningitis bakteri biasanya mempengaruhi orang di bawah 20 tahun, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkampungan.
- Hidup di daerah yang padat
Mereka yang tinggal di daerah yang padat memiliki risiko lebih tinggi terjangkit meningitis meningokokus. Peningkatan risiko ini terjadi karena bakteri menyebar melalui pernapasan dan cenderung menyebar dengan cepat di mana pun kelompok besar berkumpul.
- Kehamilan
Wanita hamil juga memiliki peningkatan risiko tertular listeriosis, infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria, yang juga dapat menyebabkan meningitis. Jika Anda memiliki listeriosis, bayi Anda yang belum lahir juga berisiko terjangkit.
- Sistem kekebalan tubuh
Faktor-faktor yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh - termasuk AIDS, kecanduan alkohol, diabetes dan penggunaan obat imunosupresan - juga membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap meningitis.

Komplikasi
- Komplikasi dari meningitis bisa sangat parah, termasuk:

- Gangguan pendengaran
- Kesulitan mengingat
- Ketidakmampuan untuk belajar
- Kerusakan otak
- Susah berjalan
- Kejang
- Gagal ginjal
- Syok
- Kematian
Inilah beberapa penjelasan tentang penyakit meningitis yang diderita oleh selebriti papan atas Indonesia, Olga Syahputra.(mc)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar