SUARA INFORMASI MASYARAKAT

SUARA INFORMASI MASYARAKAT

Sabtu, 01 Agustus 2015

Dollar 13.500- Dana CSR- NAPI IKUT PILKADA -M1-8

1 Agustus 2015

Dolar Tembus Rp 13.500, Ini Langkah Pemerintahan Jokowi

 Dolar Tembus Rp 13.500, Ini Langkah Pemerintahan Jokowi

 Jakarta (MPO)-Kemarin dolar AS sudah menembus Rp 13.500, atau tepatnya di Rp 13.531. Menghadapi kondisi ini, pemerintah akan terus melakukan perbaikan ekonomi. Sehingga ke depan investasi dan struktur ekonomi baik, dan rupiah kembali menguat.

"Paling penting kita perbaiki struktur ekonomi Indonesia ke depan. Bagaimana membawa ekonomi kita bagus, juga ekspor kita bagus, bagaimana agar investasi masuk, memperbaiki birokrasi, bagaimana agar penegakan hukum lebih pasti. Itu cuma yang akan membuat ekonomi kita bersaing dan kompetitif dan lebih baik, dan itu semua nggak bakal mengubah dolar besok," papar Menko Perekonomian Sofyan Djalil, di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

Penguatan dolar saat ini, ujar Sofyan, terjadi karena aksi spekulasi akibat rencana kenaikan bunga acuan oleh bank sentral AS, yaitu Federal Reserve (The Fed), yang rencananya akan dilakukan September atau Desember ini.

"Setiap isu yang berkembang, maka pelaku pasar akan memakai ini kesempatan untuk melakukan spekulasi, ini tentu merupakan mempengaruhi semua mata uang dunia. Yang tergantung pada dolar, dan karena dolar mata uang paling besar, tentu seluruh dunia akan tergantung pada dolar," jelas Sofyan.

Intervensi oleh Bank Indonesia (BI) juga bakal sia-sia, karena penguatan dolar AS terjadi di seluruh dunia. Menurut Sofyan, lebih baik BI menahan cadangan devisanya, daripada mempertahankan rupiah yang melemah akibat spekulasi.

"Tetapi Bank Indonesia tetap menjaga di pasar supaya kalau turun rupiah bisa tetap reasonable. Paling penting kita perbaiki struktur ekonomi Indonesia ke depan," imbuh Sofyan.(dtf)

Masyarakat Butuh Bantuan Dana CSR
Hasil gambar untuk dana csr 2015Medan  (MP0)
          Perusahaan sangat mengharapkan bantuan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR)sebab bantuan ini dapat menunjang kemampuan perusahaan atau usaha sejenis lainnya dalam mengelola usahanya.
          Karenanya, pihak pengelola bantuan dana yang berasal dari CSR untuk segera memberikan bantuannya  kepada yang berhak menerimanya. Dana CSR  yang dihitung dari hasil laba perusahaan nilainya berkisar 2 (dua) persen dari total keuntungan perusahaan. Bahkan ini sesuai dengan aturan dan ketentuan UU Tentang Perseroan Terbatas dan Permentan RI Tentang Izin Usaha Perkebunan , dimana disebutkan bahwa Kewajiban Perusahaan Tentang bantuan dana untuk CSR.
Menurut  Kabid Pelayanan Perizinan Kabupaten Padang Lawas (Palas), Habibullah Hasibuan,SH, mengatakan, dana bantuan CSR dari perusahaan BUMN yang ada di lokasi Palas seharusnya harus berkoordinasi dengan Pihak Pemkab,secara rutinitas   dimana koordinasi ini sangat penting guna penyaluran dana CSR kepada lapisan masyarakat dan juga kepada pihak Pemkab Palas.
Demikian informasi yang diperoleh Madya Pos.com, (Sabtu1/8) dijelaskan, ada lahan di daerah Palas   seluas 190.000 hektar jika dikalkulasikan ,dikali 12 bulan dikali Rp.2,4 juta per hektar perbulan , maka sesuai standar perhitungan laba yang diperoleh (dihasilkan)dari produksi perkebunan  dengan demikian jumlah sekitar Rp. 5,4 triliun , “  angka ini sangat realistis “ujar Syafaruddin Pelayanan Perizinan Pemkab Palas.
Masyarakat berharap dengan bantuan CSR yang digulirkan oleh Pemerintah dan atau BUMN harus mengacu kepada Peraturan yang ada, dengan demikian bantuan yang diterima ini dapat dimaanfaatkan sesuai koredor hukum yang berlaku, sehingga penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan. (01.n) 

Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan :
Laporan Keuangan Pemkab Deli Serdang  Berhasil Meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian
* LPJ APBD TA 2014 Disampaikan
Hasil gambar untuk bupati deli serdang 
Medan, (MP0)
Bupati Kabupaten Deli Serdang,H.Ashari Tambunan mengatakan, Patut disyukuri karena Kabupaten Deli Serdang, berhasil meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara, dan mudah-mudahan pada tahun-tahun mendatang diupayakan sangat lebih baik lagi.
Demikian informasi yang diterima, Madya Pos.com yang  disampaikan Bupati Ashari Tambunan, saat menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pada pelaksanaan APBD Tahun 2014 di  Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Deli Serdang,  Kamis (30/7)
Dijelaskan, Pendapatan daerah TA 2014  ditargetkan sebesar Rp. 2,62 Triliun lebih  namun terealisasi sebesar Rp,2,45 triliun lebih atau  (93,22 %) yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD)  , pendapatan ini  bersumber seperti dari, pajak daerah, pajak iklan, restribusi daerah hasil pengelolaan kekayaan daerah dan lain-lain.
PAD yang sah yang ditargetkan sebesar Rp. 566,33 miliar lebih namun terealisasi sebesar Rp. 433,88 atau berkisar (76,64%) upaya ini sudah maksimal, karenanya pada tahun-tahun mendatang , Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terus mengenjot pemasukan-pemasukan pajak, sehingga mudah-mudahan target dapat terealisasi.
          Selain itu dana perimbangan yang bersumber dari dana bagi hasil pajak atau bukan pajak DAU (Dana Alokasi Umum ) DAK (Dana Alokasi Khusus) yang ditargetkan berkisar Rp. 1,53 triliuan lebih , namun terealisasi sebesar Rp. 1,52 triliun  atau sekitar (99,57 %) Pendapatan Transfer pemerintah pusat lainnya ditargetkan sebesar Rp. 312,11 miliar terealisasi Rp.312,11 miliar atau (100 %)
Kemudian pendapatan transfer provinsi yang bersumber dari dana bagi hasil pajak targetkan Rp. 207,85 miliar  namun terealisasi Rp.170,73 milar atau  (82,14 %), dan yang lain-lain pendapatan yang sah pendapatan yang berasal dari dana hibah pemerintah pusat dan bantuan subsidi dari provinsi target sebesar Rp. 11,09 miliar lebih namun terealisasi Rp.8,8 miliar atau sebesar79,36 %.
Khusus Pada penerimaan daerah  sebesar Rp. 52, 834  .Pembiayaan netto Rp.52.834 miliar dan silpa pada TA 2014 sebesar Rp. 110,786 miliar. Untuk pertanggung jawaban laporan ini, Bupati  terus mengawasi pada pendapatan dan pengeluaran anggaran yang sudah ditetapkan bersama-sama dengan DPRD Kabupaten Deli Serdang.
Lanjutan sidang Paripurna pembahasan LPJ ini akan berlangsung kembali, Sidang Paripurna di pimpin Ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prandana Nasution,SE beserta wakil-wakil ketua , turut dihadiri unsur  FKPD dan sejumlah Kepala SKPD beserta jajarannya (n.01.) 

Sekda Minta Percepatan Penanganan Krisis

DEN Evaluasi Penanggulangan Krisis Energi Sumut

DEN Evaluasi Penanggulangan Krisis Energi SumutMedan, (MP0)
Dewan Energi Nasional mengunjungi Sumatera Utara dalam rangka melakukan evaluasi atas pelaksanaan penanggulangan krisis energi di Sumatera Utara. Kunjungan DEN diwakili oleh Anggota Unsur Pemangku Kepantingan (AUPK) Tumiran dan Andang Bachtiar yang diterima oleh Sekretaris Daerah SUmatera Utara H Hasban Ritonga di Kantor Gubsu, Rabu (29/7).

Sekda Provsu H. Hasban Ritonga, SH mengapresiasi maksud DEN ke Sumatera Utara dan berharap ada langkah percepatan dalam perbaikan kondisi krisis energi di Sumatera Utara. Hasban mengungkapkan infrastruktur energi yang cukup menjadi salah satu syarat utama mewujudkan kebangkitan perekonomian Sumatera Utara.

Dia menjelaskan masih terjadi pemmadaman tinginya beban puncak yang saat ini mencapai 1850 MW. Menurutnya kapasitas pasokan listrik Sumut hanya  memiliki cadangan 100 MW Cadangan, yang pada dasarnya belum mencukupi. Dia menyebutkan idealnya cadangan listrik 30% dari beban puncak yaitu minimal 550 MW.  Semetara rata-rata pertumbuhan ketenagalistrikan di Sumut per tahun 6-7% , lebih rendah dari rata-rata pertumbuhan beban puncak.

Menurut Sekda, selain masih kekurangan energi listrik, Sumatera Utara masih mengalami kekurangan pasokan gas yang menyebabkan industri di Sumut sulit tumbuh malah semakin menurun. Karena itu, Sekda berharap pertemuan yang akan digelar DEN dengan stakholder energi di Sumut dapat menghasilkan rekomendasi percepatan penanggulangan krisis energi.

Pertemuan dengan Sekda akan dilanjutkan dengan pertemuan DEN bersama Dinas Pertambangan dan Energi Sumut dan stakeholder energi diantaranya PLN, Pertamina, Pertagas dan lainnya menggelar. Rapat monitoring dan evaluasi itu dilaksanakan di Kantor Dinas Pertambangan dan Energi.

Hadir mendampingi Assisten Administrasi Umum Provsu H M Fitriyus,  Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Eddy Salim, Kepala Dinas Kominfo Jumsadi Damanik. Sementara jajaran DEN hadir Sekjen DEN Satry Nugraha, Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Saleh Abdurrahman, Kabag Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Darurat Energi Lisa Ambarsari,  Kabag Fasilitasi Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan Energi Ainur Rasyid.
Tumiran mengatakan kondisi krisis energi Sumut sudah menjadi topik pembahasan presiden dimana pihaknya sudah menyampaikan kepada presiden apa-apa saja yang sudah diupayakan. "Kehadiran kami ke Sumut saat ini dalam rangka melakukan monitoring dan inventarisasi upaya percepatan penanggulangan krisis energi listrik dan gas," ujar Tumiran. Dia mengakui Sumut termasuk salah satu daerah yang mengalami krisis energi yang parah, namun saat ini kondisinya sudah membaik.

Tumiran kemudian meminta Sumut segera menyusun Rencana Umum kelistrikan Daerah dan Rencana Umum Energi Daerah  dalam rangka mengantisipasi keberlanjutan ketersediaan listrik di masa mendatang. Daerah tidak boleh bergantung pada kebijakan pusat.

"Daerah harus memetakan potensi-potensi kelistrikan yang ada dan perencanaan kebutuhan listrik mendatang," katanya.
Sementara itu Andang menyebutkan sebagai Ketua Komite Explorasi Nasional pihaknya sedang mengevaluasi 250 milyar barel prospek gas yang belum dieksploitasi karena persoalan dianggap tidak ekonomis. "Di Gebang misalnya, ada kandungan 40 mmscfd yang kalau dibor bisa menjadi solusi gas Sumut," katanya. Persoalannya menurut Andang pengusaha menganggap eksploitasi tidak ekonomis, namun hal itu masih dapat dicarikan solusinya. "Mungkin pemerintah bisa menurunkan target pendapatan namun bisa menjadi solusi bagi persoalan masyarakat," katanya (dks.01)


Bandung (MP0)  - Polda Jabar mengambil alih kasus penipuan terhadap ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Satreskrim Polrestabes Bandung sempat mengamankan tiga tersangka sindikat penipu yang diperkirakan meraup duit mencapai Rp 4 miliar dalam kurun waktu satu tahun beraksi.

"Hari ini lagi diproses pelimpahan perkara ke Polda Jabar," kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Mokhamad Ngajib di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Sabtu (1/8/2015).

Ngajib menjelaskan, alasan pelimpahan perkara ke Polda Jabar karena aksi pelaku menipu korbannya terjadi menyebar di beberapa daerah Jabar. Hasil catatan sementara, sambung Ngajib, korban sedikitnya 410 orang yang berdomisili di Subang, Majalengka, Kabupaten Bandung, Purwakarta, Garut, Tasikmalaya dan Sumedang.

"Kejadian dan korbannya tidak di satu tempat. Jadi penanganan perkaranya dilanjutkan oleh Ditreskrimum Polda Jabar," ucap Ngajib.

Trio penipu, AS (50), AM (48) dan DU, ditetapkan polisi menjadi tersangka. Ketiga pria tersebut diamankan polisi di Hotel Yehezkiel, Jalan Surapati, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Rabu sore (29/7/2015) kemarin. Terbongkarnya kasus ini bermula saat ratusan korban menggeruduk hotel tersebut karena pelaku hendak membagikan SK (Surat Keputusan) penempatan tugas di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kantor Wilayah III Jabar.

Tiap korban menyetor uang mulai 80 juta rupiah hingga 130 juta rupiah secara bertahap kepada pelaku sebagai syarat mendapatkan SK. Pihak BKN memastikan SK tersebut palsu. Ulah tipu-tipu pelaku mengakibatkan 410 korban mengalami kerugian yang diperikirakan mencapai Rp 4 miliar.

Kasus ini mendapat sorotan Menteri PAN dan RB  Yuddy Chrisnandi lantaran melibatkan PNS. Dua tersangka yaitu AS dan AM tercatat sebagai PNS aktif yang bertugas di Kota Bandung.

Yuddy siap mengganjar sanksi tegas terhadap dua oknum PNS tersebut. "Kami pastikan yang bersangkutan akan diproses pemberhentian dengan tidak hormat, dan kami sudah meminta pada BKN untuk segera melakukan tindakan," ujar Yuddy di Kantor Wapres, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (31/7).(dtn)

Napi Korupsi Maju Pilkada Disokong Parpol Dibolehkan, Tapi Apa Pantas?


Jakarta (MPC)- UU membolehkan setiap warga negara maju dalam pilkada membuat sejumlah sejumlah calon yang pernah dipidana kasus korupsi maju. Pro kontra datang, layakah mantan napi korupsi jadi kepala daerah?

"Undang-undang tidak melarang warga negara yang sudah selesai menjalani hukuman bisa ikut berkompetisi dalam pemilu, dengan syarat mereka harus jujur dan terbuka kepada publik bahwa dirinya adalah mantan narapidana, dan bukan pelaku kejahatan berulang atau residivis," kata Komisioner KPU Ida Budhiati usai diskusi di Gado-gado Bolo, Jakarta Pusat, Sabtu (1/8/2015).

Menurutnya jika para calon kandidat merupakan napi, tidak jujur mengakui dirinya adalah mantan narapidana berlaku ketentuan jeda lima tahun sebelum bisa melaju dalam pemiliha umum. Terkecuali memang hak-hak politiknya sudah dicabut oleh undang-undang.

"Jadi ada masa idah lima tahun, dari segi aturan memang tidak dilarang, kan dia sudah dihukum tidak boleh jika masih ada tahapan hukuman tambahan terkait hukuman politiknya, kecuali dicabut hak-hak politik oleh undang-undang," ujarnya.

Ida menambahkan, terlepas dari status calon kandidat yang merupakan mantan napi. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pemilih apakah mereka masih mau memberikan dukungannya atau tidak.

"Kita serahkan kepada pemilih, karena pemilih mempunyai haknya, apakah masih mau memilih dan mempercayakan calon dengan track record seperti itu, terserah kepada pemilih bagaimana ia akan menentukan pilihan," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Populi Center Nico Harjanto mengungkapkan kekecewaannya karena masih ada partai politik yang mau mengajukan calon kandidatnya yang merupakan mantan napi korupsi. Menurutnya hal ini akan bertentangan dengan komitment partai politik yang berniat untuk bersih dari korupsi.

"Sangat disayangkan, dari sekian banyak kader-kader Parpol malah memilih mereka yang pernah di penjara, ini sangat buruk bagi pendidikan politik karena komitmen tinggi Parpol melawan korupsi malah mendukung pasangan yang pernah terjerat kasus," ungkapnya dengan kecewa.

Menurutnya, hal tersebut menjadi contoh buruk bagi pendidikan politik. Ia berharap ini menjadi pil pahit karena memajukan calon kandidat yang pernah terjerat kasus korupsi.

"Majunya napi di Pilkada merupakan kegagalan parpol, khususnya dalam hal merekrut kadernya dan pemilihan kali ini menjadi pelajaran pahit karena pada kesempatannya parpol tidak menjunjung tinggi komitmen anti korupsi," pungkasnya. (dtn)

Jokowi: Usia Produktif di 2020-2030 Melimpah, Jadi Bencana Jika Tak Dipersiapkan

Jokowi: Usia Produktif di 2020-2030 Melimpah, Jadi Bencana Jika Tak DipersiapkanJakarta  (MP0) - Presiden Jokowi menyebut di tahun 2020-2030, jumlah penduduk dengan usia produktif melimpah ruah. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, kondisi itu bisa saja jadi bencana.

Hal ini dikatakan Jokowi saat menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII di Tangerang Selatan. Tepatnya di Lapangan Sunburst, Jalan Boulevard BSD City Timur, Banten, Sabtu (1/8/2015).

"Penduduk dengan umur produktif sangat besar," kata Jokowi.

Jumlah penduduk di usia produktif mencapai 70 persen. Sisanya berada pada kisaran usia di bawah 15 tahun dan di atas 65 tahun.

Menurut Jokowi, kondisi itu sebenarnya jadi berkah tersendiri untuk Indonesia. Terutama dalam sisi pembangunan.

"Satu sisi lain, adalah bencana jika kualitas manusia tidak dipersiapkan dengan baik," lanjutnya lagi.

Jokowi pun berpesan agar setiap keluarga bisa memprioritaskan pembangunan manusia, terutama kualitas penduduk di usia kerja. Keluarga punya peran sangat penting dalam hal ini.

"Kita gunakan momentum untuk perkuat keluarga Indonesia," tandasnya. (dtn)
 

Ungkapan Sayang Artis Velove Vexia untuk Papa Kaligis


Ungkapan Sayang Artis Velove Vexia untuk Papa Kaligis Jakarta (MP0)- "Stay strong Papa...!" Itulah dukungan yang selalu diberikan artis cantik Velove Vexia kepada ayah tercinta OC Kaligis yang mendekam di tahanan KPK.

Velove rutin menjenguk OC Kaligis yang kini berstatus tersangka kasus suap hakim PTUN Medan dan ditahan di Rutan Guntur ini. Ia sangat mengkhawatirkan kondisi kesehatan ayahnya yang kian menurun. Mantan kekasih Rafi Ahmad ini mengungkapkan tensi papanya tinggi dan mengidap beberapa penyakit.

Velove berbagi cerita OC Kaligis berulang kali mengatakan kepadanya dan keluarganya tidak pernah menyuap hakim dan tidak pernah merampok uang negara. Pengakuan itu disampaikan OC kaligis berulang kali kepada putrinya saat dijenguk. 

Perempuan berambut panjang ini  juga mendukung dan menghargai keputusan OC Kaligis yang memilih tutup mulut saat dimintai keterangan oleh penyidik KPK. Baginya, itu adalah hak papa OC Kaligis.

Dukungan paling baru untuk OC Kaligis diunggah Velove Vexia melalui akun Instagram vaelovexia seperti dilihat detikcom, Jumat (31/7/2015).

OC menuangkan unek-uneknya ke dalam sebuah puisi. Pengacara senior ini menegaskan dirinya bukan seorang penjahat. "Stay strong, Papa," tulis Velove.
Pengacara kondang OC Kaligis ditetapkan sebagai tersangka kasus suap hakim PTUN Medan oleh KPK. Dia tidak terima dan mengajukan praperadilan di PN Jakarta Selatan. Lewat puisi, dia pun menyatakan dirinya bukan penjahat.

Puisi Kaligis itu diunggah anaknya Velove Vexia melalui akun Instagram vaelovexia seperti dilihat detikcom, Jumat (31/7/2015). Diduga puisi itu diberikan Kaligis saat Velove mengunjungi dia di Rutan Detasemen Polisi Militer (Denpom) Guntur Kodam Jaya, Jakarta Selatan. Velove memang rajin membesuk ayahnya ke tahanan.

Berikut puisi lengkap Kaligis seperti dikutip detikcom:

Doa Sang Tahanan

Tuhan
Hatiku gersang
Seolah sendiri
Di padang pasir yang membentang luas

Tuhan
Katakan pada semua
Saya bukan perampok
Saya bukan penjahat
Ulurkan tangan-Mu
Sentuh
Jawab
Pegang aku erat
Bangkitkan, bangkitkan semangatku
Agar kembali
Tegar Berdiri

Tuhan
Lindungi anakku
Tempat sayang dan cintaku
Terkubur abadi
Dan
Juga keluargaku

Tuhan
Di dalam tanganmu aku berserah
Dengan sentuhan-Mu
Saya sanggup
Kembali tegar
Artis Velove Vexia kini rutin bolak-balik gedung KPK tiap hari Senin dan Kamis untuk meminta izin menjenguk sang ayah, OC Kaligis yang kini mendekam di Rutan Guntur. Meski sudah bisa menjenguk sang ayah, Velove masih menyesalkan karena belum semua anggota keluarganya diperbolehkan menjenguk OC Kaligis.

"Jadi ternyata list yang masuk belum semuanya diapprove KPK, cuma ada beberapa. Cuma ada beberapa keluarga, masih banyak adik-adik dan kakaknya papa, dan juga tante-tante aku yang lain juga belum boleh ketemu gak tau katanya masih dalam proses," kata Velove di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (27/7/2015).

Kaligis memang diketahui memiliki banyak anggota keluarga. Dia punya 10 istri dan 20 anak.

Saat ditanya apakah keluarga yang belum mendapat izin jenguk itu termasuk para istri Kaligis dan anak-anaknya yang lain, Velove enggan menjawab. Artis cantik yang hari ini mengenakan baju slefeeless warna kuning dan rok di atas lutut itu malah membicarakan soal kondisi kesehatan sang ayah.

"Kondisi papa memang sempat kurang sehat, tensinya sempat naik. Papa kan ada jantung, ada diabetes, ada juga maag akut, ya banyaklah penyakitnya. Usia papa kan udah uzur udah perlu banyak asupan vitamin," jelasnya.

Hingga saat ini, baru Velove yang diketahui rutin menjenguk Kaligis di Rutan Guntur. Kepada Velove, Kaligis mengaku tak terlibat dalam kasus suap hakim PTUN Medan.

"Papa ngejelasin ke aku dan mungkin pernah ngomong juga ke media kalau papa itu bukan rampok uang negara, gak pernah nyuap hakim, itu sih yang diulang-ulangi lagi ke kita," tegas Velove.
Velove fokus memberikan dukungan kepada OC Kaligis yang terlilit kasus dugaan  suap hakim PTUN Medan. Ia enggan berkomentar seputar ayahnya yang mengaku memiliki 10 istri dan 20 anak.

"Aku nggak mau bahas yang kayak gitu karena kita semua fokusnya ke papa. Kalau gosip-gosip kayak gitu kayaknya buatan orang tak bertanggung jawab," kata Velove yang tersinggung saat ditanya dia anak dari istri ke berapa di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (30/7/2015).

Velove hari ini memang sedang akan menjenguk sang ayah yang kini mendekam di rutan Guntur. Sebelum menjenguk ke rutan Guntur, Velove harus terlebih dahulu meminta izin ke KPK.

Artis cantik itu nampaknya memang tak mau membicarakan soal keadaan internal keluarganya. Bahkan, saat ditanya soal rencana Kaligis yang ingin menulis buku tentang kesepuluh istrinya, Velove keberatan untuk memberi penjelasan.

"Itu juga nggak tahu infonya dari mana tentang papa mau nulis buku. Jadi kayaknya mungkin ada kepentingan-kepentingan lain. Papa fokus sih untuk menyelesaikan masalah yang ada sekarang," tegas Velove.

Sebelum meninggalkan KPK dan berjalan ke Rutan Guntur, Velove memberikan dukungan kepada sang ayah yang terus menolak diperiksa KPK. Sejak ditahan di Rutan Guntur, Kaligis memang selalu menolak saat akan diperiksa sebagai tersangka, maupun sebagai saksi bagi tersangka lain dalam kasus suap hakim PTUN Medan.

"KPK juga udah bilang kan papa saya punya hak, papa saya udah ditetapkan tersangka jadi dia punya hak untuk nggak ngomong apa-apa atau menjadi saksi," tutur Velove.(dtn)
  Agustus ke I   2015



Dengan Membayar PKB Dan BBN-KB Tepat Waktu Akan Menjamin Keabsahan Kepemilikan Kenderaan Bermotor Anda
 
Iklan ini disajikan , Kerja sama Mandiripos.online.com  dengan Dinas Pendapatan Pemprovsu 


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
KESEHATAN

Ingin meningkatkan memori otak? Coba panjat pohon!

Ingin meningkatkan memori otak? Coba panjat pohon!


Ilustrasi memanjat pohon. ©2015 Merdeka.com/shutterstock


 - Ayo, siapa yang semasa kecil suka memanjat pohon? Atau, hobi itu mungkin masih Anda lakukan sampai sekarang?

Menurut peneliti dari University of North Florida, memanjat pohon atau berjalan di atas balok titian dapat meningkatkan keterampilan kognitif, termasuk memori.

Dalam penelitian ini, para peserta diminta untuk melakukan salah satu dari dua kegiatan itu. Dua jam kemudian, ketika mereka kembali diuji, para peneliti menemukan bahwa kapasitas memori kerja mereka telah meningkat sebesar 50 persen.

Hasil itu dinilai sebagai peningkatan yang sangat dramatis. Jika Anda tidak memiliki pohon besar yang bisa dipanjat atau balok titian di rumah, para peneliti menyarankan pada Anda untuk mencoba parkour.

Kegiatan itu dinilai memiliki efek yang sama seperti ketika Anda mencoba memanjat pohon atau berjalan di atas balok titian.(mc)

Ini alasan kenapa gula mampu memberikan rasa manis pada kopi


Ini alasan kenapa gula mampu memberikan rasa manis pada kopi
 Ilustrasi kopi. Shutterstock/Jan Knop

- Tidak bisa dipungkiri bahwa kopi memiliki rasa asli yang pahit. Itulah sebabnya bagi mereka yang suka minum kopi namun tidak suka dengan rasa pahitnya, cenderung akan menambahkan gula ke dalam cangkir kopi mereka.

Lantas, kenapa kopi bisa berasa manis setelah ada tambahan gula di dalamnya? Tentu saja jawabannya bahwa gula sendiri berasa manis.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk berhasil menemukan jawaban ilmiahnya.

"Saat ditambah air, molekul kafein dalam kopi cenderung menempel satu sama lain sehingga rasanya menjadi tidak terlalu pahit. Namun ketika gula ditambahkan, molekul kafein ini semakin menempel. Sementara molekul gula dan air juga tetap bersama-sama yang akan mengalahkan molekul kafein sehingga kemudian muncul rasa manis," terang Dr Seishi Shimizu dari University of York.

Demi mengetahui reaksi kimia ini, Dr Shimizu menggunakan ilmu yang disebut termodinamika statistik. Ilmu ini merupakan cabang dari ilmu kimia yang menghubungkan mikroskopis dengan kehidupan manusia sehari-hari, termasuk dengan makanan dan rasa masing-masing makanan yang dikonsumsi manusia. (mc)

Ini 8 manfaat rebung untuk kesehatan tubuh!

 Ini 8 manfaat rebung untuk kesehatan tubuh!

Ilustrasi rebung. Shutterstock/bonchan

 - Rebung menjadi salah satu bahan makanan yang sering kita temui dalam masakan Indonesia. Selain dibuat sayur, rebung juga sering dibuat isian lumpia. Nah, berikut adalah delapan khasiat rebung untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir organicfacts.net.

1. Rendah gula
Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

2. Sumber Protein
100 gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3. Kaya vitamin dan mineral
Siapa sangka jika rebung ternyata kaya vitamin dan mineral lho. Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat. Dan mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi serat
Rebung juga kaya serat. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

5. Merangsang nafsu makanan
Rebung tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka.

6. Mengontrol kolesterol
Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan tekanan darah
Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Inilah delapan khasiat rebung untuk kesehatan tubuh. Meski rebung sering dijauhi karena aromanya yang khas, makanan ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh Anda. So, tunggu apalagi? Yuk coba masak sayur rebung atau lumpia isi rebung di rumah.(mc)

Gampang buang air kecil? Hindari 7 makanan ini!

Gampang buang air kecil? Hindari 7 makanan ini!


Ilustrasi pria kencing. ©2012 Merdeka.com


- Jika Anda memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, Anda akan jadi gampang buang air kecil, bahkan saat malam hari. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan apa yang Anda makan untuk mencegah kondisi itu semakin memburuk. Berikut adalah tujuh makanan yang harus Anda hindari, bila memiliki kandung kemih yang terlalu aktif.

1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat dapat mengiritasi lapisan kandung kemih dan memperburuk masalah Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak menyantap makanan yang terlalu pedas.

2. Jus cranberry

Jus cranberry memang dapat mengobati infeksi kandung kemih, tetapi perlu diketahui bahwa itu juga dapat memburuknya masalah kandung kemih yang terlalu aktif.

3. Kopi

Kafein, terutama kopi dan teh, dapat membuat ginjal menghasilkan lebih banyak urine, dan membuat kandung kemih jadi lebih sensitif.

4. Alkohol

Seperti kafein, alkohol juga bersifat diuretik dan dapat mengiritasi kandung kemih. Jadi batasi konsumsi alkohol untuk menghindari kondisi ini.

5. Soda

Minuman bersoda dapat mengiritasi kandung kemih. Terlebih lagi, soda sering mengandung kafein, gula, atau pemanis buatan yang semuanya dapat membuat kandung kemih jadi terlalu aktif.

6. Jus jeruk

Makanan dan minuman asam, seperti jus jeruk, dapat mengiritasi kandung kemih. Makan buah memang dapat membantu mencegah sembelit, namun itu bisa mengganggu orang dengan kondisi kandung kemih yang terlalu aktif.

7. Tomat

Seperti jeruk, tomat juga mengandung asam. Oleh karenanya, bila Anda memiliki masalah dengan kandung kemih yang terlalu aktif, sebaiknya jangan terlalu banyak makan tomat.

Ini tujuh makanan yang harus Anda hindari, bila memiliki kandung kemih yang terlalu aktif. Semoga bermanfaat!(mc)



SPORT/OLAHRAGA

Adik Valentino Rossi ke Moto2 dalam waktu dekat?

 Adik Valentino Rossi ke Moto2 dalam waktu dekat?

 Luca Marini (c) Facebook/Luca Marini
Adik tiri Valentino Rossi yang juga bergabung di VR46 Riders Academy, Luca Marini dikabarkan akan turun di kejuaraan dunia Moto2 pada tahun 2017 mendatang, menyusul gosip dirinya akan turun di Moto2

Misano, San Marino pada 11-13 September nanti.
Saat ini Marini tengah turun di Kejuaraan Nasional Spanyol (CEV) Moto2 bersama tim prestisius Paginas Amarillas HP 40. Ia tengah menduduki peringkat keenam dengan 53 poin, tertinggal 67 poin dari sang tandem, Edgar Pons yang juga merupakan anak sang pemilik tim, Sito Pons.

Jika sukses menjuarai CEV Moto2 2015, maka Pons diprediksi akan turun di tim yang sama dalam kejuaraan dunia Moto2 tahun depan, menggantikan Luis Salom dan bertandem dengan Alex Rins. Marini pun akan didapuk sebagai pebalap utama Pons di CEV sebelum benar-benar turun di Grand Prix tahun 2017 nanti.

Menurut Sport Bikes, peluang Marini untuk turun di kejuaraan dunia juga bisa dipermudah dengan adanya sponsor-sponsor besar seperti Pata, AGV, Dainese dan Monster Energy, yang juga merupakan sponsor sang kakak di MotoGP.
Rossi sendiri juga berpeluang menampung adiknya sendiri, mengingat The Doctor dikabarkan berniat menurunkan tim VR46 di Moto2 setelah sukses di Moto3 bersama Romano Fenati, Francesco Bagnaia dan Andrea Migno.(mcsport)

Valentino Rossi lebih dari seorang pebalap'

 

'Valentino Rossi lebih dari seorang pebalap'Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso (c) AFP

 Pebalap tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso mengaku sama sekali tak iri melihat Valentino Rossi menjadi pebalap Italia paling populer di MotoGP. Menurutnya prestasi yang gemilang dan karakter unik sudah sewajarnya membuat The Doctor dicintai banyak orang.

Dovizioso yang pada awal musim ini kerap bersaing sengit dengan Rossi, mengaku maklum bila ia dan pebalap Italia lainnya terus berada di bawah bayang-bayang Rossi. DesmoDovi bahkan meyakini bahwa pebalap berusia 36 tahun itu adalah game changer di MotoGP.

"Saya rasa wajar dia lebih populer. Vale tak hanya seorang pebalap, ia lebih dari itu. Meski ia paling tua, ia punya karakter istimewa. Apalagi ia punya banyak gelar. Saya tak masalah ia lebih populer," ujar juara dunia GP125 2004 ini kepada Motorsport Total.
Dovizioso pun mengaku hanya akan fokus pada hasil balapnya sendiri. "Saya tak berusaha menirunya. Yang penting adalah hasil balap. Tentu menyenangkan punya banyak fans, tapi itu bukan motivasi utama saya untuk mengambil resiko besar saat balapan," tutupnya.( mcsport)

Tito Rabat mulai beri 'kode' naik ke MotoGP 2016

 Tito Rabat mulai beri 'kode' naik ke MotoGP 2016


Esteve 'Tito' Rabat (c) AFP


 - Manajer Tim Estrella Galicia 0.0 Marc VDS Moto2 dan MotoGP, Michael Bartholemy menyatakan bahwa pebalapnya, Esteve 'Tito' Rabat mulai menyatakan keinginan untuk naik ke kelas tertinggi tahun depan. Hal ini Bartholemy sampaikan dalam wawancaranya bersama Speedweek.
Rabat yang merupakan juara dunia bertahan Moto2, sejak tahun lalu telah diincar banyak tim MotoGP, termasuk Pramac Ducati, Forward Racing dan Aspar Team. Marc VDS sempat ingin menandemkan Rabat dengan Scott Redding tahun depan, namun tampaknya Honda tak ingin menyuplai satu motor lagi untuk tim asal Belgia itu.

"Tito mulai memberi 'kode' bahwa ia akan naik ke MotoGP tahun depan. Apakah ia akan membalap bersama kami? Saya tak tahu. Ia selalu berkata bahwa impiannya adalah turun bersama kami, tapi kami tidak bisa berharap banyak. Kami akan sibuk dengan Scott. Kami tak punya motor tambahan," ujar Bartholemy.

Bartholemy sendiri mengaku bahwa Rabat telah bertemu dengannya di Belgia pada hari Senin (27/7) dan menyatakan bahwa MotoGP merupakan target utama, mengingat ia telah berusia 26 tahun. Jika Rabat benar-benar hengkang, Marc VDS pun harus segera mencari pengganti.
"Tito akan menyusun rencana hingga Seri Ceko, atau bisa lebih dari itu. Tapi saya ingin segala urusan segera selesai. Jika tidak, pebalap Moto2 yang menjanjikan bisa lari ke tim lain. Tito ingin ke MotoGP dan tengah mempertimbangkan semua tawaran. MotoGP adalah prioritasnya," tutup Bartholemy.( mcsport)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar