SUARA INFORMASI MASYARAKAT

SUARA INFORMASI MASYARAKAT

Rabu, 27 Mei 2015

Wagubsu buka Pekan Inovasi- M-4- Raudin Purba Parade



Dorong Kesiapan Hadapi Mea

Wagubsu Buka Pekan Inovasi Sumut

Wagubsu Buka Pekan Inovasi Sumut
Medan,(MPO)
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap Pekan Inovasi bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran perlunya peningkatan inovasi dan kereatifitas guna bisa menghadapi persaingan di masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA.
"MEA yang dimuIai Desember 20l5 di mana seluruh negara-negara ASEAN melakukan kegiatan  ekonomi secara bebas yang otomatis membuat produk asing semakin banyak beredar dengan harga murah di dalam negeri hanya bisa diatasi dengan produk yang memiliki keunggulan," kata Wakil Gubernur Sumut Ir. H .Tengku Erry Nuradi, M.Si di Medan, Kamis(21/5). Dia mengatakan itu ketika membuka Pekan Inovasi  Sumut ke-3 tahun Tahun 2015 yang digelar di Lapangan Merdeka, Medan  pada 21-24 Mei.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Ketua Dekranasda Provsu Hj. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, unsur FKPD Provsu diantaranya Kasdam I Bukit Barisan Brigjend TNI Cucu Soemantri, Plh Sekda Provsu Hj Sabrina dan lain sebagainya.

Peningkatan inovasi dan kreatifitas dinilai semakin perlu mengingat perlunya pertumbuhan ekonomi Sumut didorong terus dan adanya tugas untuk merealisasikan investasi sebesar Rp11 triliun pada tahun ini.  Pertumbuhan ekonomi Sumut yang masih melambat di triwulan I 2015 harus ditingkatkan. Sementara target realisasi investasi Rp11 triliun juga harus bisa dicapai bahkan kalau memungkinkan berada di atasnya.

Sumut, kata Wagub  harus bisa mempertahankan  menjadi  salah satu daerah pemberi kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional dan  masuknya sebagai 10 provinsi terbesar dalam pencapaian realisasi investasi PMA dan PMDN.  "Pekan Inovasi Sumut yang dilakukan terjadwal tiap tahun harus didukung semua kalangan agar benar-benar menjadi pendorong ekonomi Sumut," ujar Wagubsu.

Ketua Panitia Pekan Inovasi Sumut Ke-3 Tahun 2015, Purnama Dewi, menyebutkan, kegiatan yang digelar Badan Penanaman Modal dan Promasi Sumut - PT Camico Loyalindo, Jakarta menampilkan karya-karya inovatif dari berbagai daerah.  Selain menampilkan karya inovatif dalam bentuk pameran, juga digelar diskusi untuk menggali potensi dan peluang investasi daerah yang mampu bersaing di pasar global khususnya MEA. Bahkan ada penampilan kesenian dan kebudayaan, perlombaan produk inovatif dan kuliner serta fashion show pakaian etnis.

 "Pekan inovasi diharapkan bisa memberi banyak arti bagi pembangunan di Sumut," katanya. Selain  bisa membangun komunikasi strategis tentang investasi dan potensi daerah, tetapi juga menciptakan media informasi dan promosi yang efektif dan objektif tentang pembangunan Sumut.
Pekan inovasi itu juga bisa dijadikan membantu memasarkan produk-produk strategis dan potensial karya pengusaha lokal dan dalam negeri lainnya.  Bahkan pagelaran itu  bisa menjadi media  publikasi dan promosi seni dan budaya serta meningkatkan kreatifitas masyarakat luas dan termasuk pemerintah daerah.

Kegiatan yang diikuti 80 peserta termasuk dari kementerian/lembaga Pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di luar Sumut, perguruan tinggi, BUMN/BUMD, dan perusahaan swasta itu terlihat ramai dikunjungi masyarakat.(dks)

Ketua DPW Parade Nusantara Sumut, Drs.H.Raudin Purba,MPdI :
Gubsu  dan  Bupati/Kepala Daerah Minta Segera Membuat Payung Hukum Pencairan  Dana Desa
Medan, (MPC)
Ketua DPW Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara Sumatera Utara, Drs. H. Raudin Purba,MPdI (Fhoto)  meminta Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dan para Kepala Daerah Bupati/Walikota se Sumatera Utara, untuk segera membuat peraturan  (Perda) payung hukum dalam pencairan dana desa . Anggaran sebesar Rp. 1,4 miliar, namun anggaran tersebut bervariasi melihat situasi dan  kondisi desanya, ujar Raudin Purba baru-baru ini di Medan

Dikatakan, anggaran dana bantuan desa yang akan dikucurkan kepada kepala desa di Sumatera Utara tidak akan cair, jika Gubernur Gatot Pujo Nugroho, dan para Bupati/Walikota tidak mengapresiasi permintaan para kepdes  (kepala desa).

Dana anggaran desa  sudah tertuang di dalam UU  Desa No. 6 Tahun 2014 dengan demikian jelas arah dan sasaran penggunaan anggaran desa tersebut.Menurut data yang diperoleh, bahwa kucuran dana  desa tahun ini, sebesar Rp. 20 triliun yang akan dibagikan kepada 74 ribu desa Tahun depan , 2016 baru digelontorkan Rp. 1 miliar per desa, ujar sumber

Dana bantuan desa yang akan dikucurkan akan diserahkan sepenuhnya kepada kepala desa dengan ketentuan hasil musyawarah dan mufakat di desa, misalnya untuk pembangunan infrastruktur, sarana pembangunan menunjang pembangunan ekonomi, dan lain sebagainya.

Raudin meyakini, uang yang akan dikucurkan ke desa-desa bertahap misalnya tahap pertama pemerintah akan mengucurkan bantuannya sebesar Rp. 270 juta yang bersumber dari dana APBN , namun kata Raudin jika payung hukum untuk penerimaan dana desa ini belum juga turun, maka dipastikan uang akan mengendap di Bank,ini ulah siapa, lalu bagaimana pembangunan di pedesaan yang diharapkan rakyat di desa-desa ‘ tanya Raudin. (01.nn) 

RI Punya 200.000 Nasabah Kaya, Hartanya Rp 2.700 Triliun


RI Punya 200.000 Nasabah Kaya, Hartanya Rp 2.700 Triliun
Jakarta (mpo)-PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyebut total nasabah di Indonesia mencapai 50 juta pemegang rekening. Total dana yang dikelola dan ditaruh di perbankan Indonesia mencapai Rp 4.200 triliun.

Dari total dana yang ditempatkan tersebut, ternyata kurang dari 1% dari total nasabah RI atau sekitar 200.000 nasabah menguasai 65% total dana kelolaan di perbankan. Nilainya sekitar Rp 2.700 triliun.

"Kurang dari 1% nasabah tadi ada sekitar 220.000 menguasai 65%. Ini seperti piramida terbalik," kata Direktur Consumer Banking Mandiri Hery Gunardi pada acara Wealth Management dan Launching new Kartu debit Prioritas di Ballroom Ritz Charlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Besarnya dana-dana orang tajir RI menjadi peluang bagi perbankan Indonesia khususnya untuk bisnis layanan prioritas. Bank Mandiri saja, kata Hery, mengelola dana Rp 146 triliun dari 40.000 milik rekening nasabah private dan prioritas.

"Nasabah prioritas dan private 41.000. Tumbuh 10-15% per tahun," ujarnya.

Di tempat yang sama Deputi Komisoner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sri Rahayu Widodo menjelaskan pertumbuhan yang cukup signifikan dari bisnis nasabah kelas atas harus menjadi perhatian perbankan.

Selain menarik nasabah, perbankan diminta memberikan edukasi yang baik tentang produk, layanan hingga risiko perbankan kepada nasabah kaya.

Alasannya ialah OJK mencatat tingkat aduan terbesar di bisnis jasa keuangan, datang dari perbankan.

"Pengaduan di jasa keuangan, terbesar di sektor perbankan. Ini mengandung risiko hukum," ujarnya(feb/ang) (dtf)
  Mei  Keempat   2015



Dengan Membayar PKB Dan BBN-Kenderaan Bermotor Anda,Tepat Waktu, Berarti Turut    Menunjang Pembangunan di Sumatera Utara

Kadis Kominfo menerima Kunjungan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika UIN Sumut

Medan,(MPO)
Kepala Dinas Kominfo Provsu Drs. Jumsadi Damanik SH, M.Hum yang didampingi oleh Kabid PUHK Diskominfo Provsu Hj. Rosmidar, S.Ag, M.Pd, Ka. Seksi Hubungan Lembaga dan Kemitraan Diskominfo Provsu  Abdul  Aziz, S. Sos, M.AP serta Ka. Penerbitan, Publikasi dan Pameran Diskominfo Provsu Drs. Parasian Silitonga menerima Kunjungan Panitia Pelaksana Roadshow Menolak Gaptek Lembaga Pers

Mahasiswa (LPM) Dinamika UIN sumut di Ruang Kerja Kadis Kominfo Sumut, Senin (25/5)
Lebih Lanjut, Kadis Kominfo Provsu menyambut baik kedatangan Perwakilan dari LPM Dinamika UIN Sumut dan Mengapresiasi serta mendukung Kegiatan Roadshow LPM Dinamika UIN Sumut  ini dalam upaya mendukung Sumatera Utara yang berdaya saing menuju masyarakat sejahtera yang adil dan makmur melalui Tenologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat berkembang dalam arus Informasinya.

Zuchri Lubis selaku Pimpinan Umum LPM Dinamika UIN Sumut dalam kunjungannya  bermaksud untuk memohon dukungan dalam dalam rangka kegiatan dimaksud yang rencanannya akan dilaksanakan pada 8 - 12 Juni mendatang. (PIP)M(dks)


KESEHATAN

Kebisingan lalu lintas bisa bikin gendut, kok bisa?

Kebisingan lalu lintas bisa bikin gendut, kok bisa?
Bundaran HI Macet. ©2012 Merdeka.com


- Studi terbaru menunjukkan bahwa kebisingan lalu lintas bisa meningkatkan risiko obesitas. Studi tersebut telah dipublikasikan secara online di Occupational & Environmental Medicine.

Paparan dari kebisingan lalu lintas dan bandara dikatakan dapat meningkatkan risiko obesitas sentral. Kondisi itu dianggap sebagai salah satu jenis obesitas paling berbahaya.

Sebagaimana dilansir Science Daily, para peneliti melibatkan 5075 orang yang tinggal di lima daerah pinggiran kota dan pedesaan di sekitar Stockholm, Swedia, sejak tahun 1999.

Antara tahun 2002 dan 2006, ketika para peserta berusia antara 43 sampai 66 tahun, mereka mengisi kuesioner yang meliputi gaya hidup, tingkat tekanan psikologis, insomnia dan ketegangan kerja. Mereka juga ditanya tentang polusi suara yang terjadi di sekitar mereka.

Setelah itu, mereka menjalani tes kesehatan, termasuk tekanan darah dan tes untuk diabetes, serta mengecek berat badan dan tinggi badan untuk menentukan indeks massa tubuh.

Para peneliti menghitung bahwa lebih dari setengah (62%, 3127) sering terpapar kebisingan lalu lintas minimal 45 desibel (dB). Analisis menunjukkan tidak ada hubungan antara kebisingan lalu lintas dan indeks massa tubuh. Tetapi, mereka menemukan hubungan antara kebisingan lalu lintas dan ukuran pinggang.(mc)

Ini bahaya minum obat tanpa resep dokter!

 Ini bahaya minum obat tanpa resep dokter!

 Ilustrasi obat. Shutterstock/Poprotskiy Alexey

- Minum obat tanpa resep dokter bisa memicu berbagai bahaya kesehatan. Oleh karenanya, jika Anda merasakan sakit di daerah tertentu di tubuh, jangan langsung gegabah untuk mengambil obat. Anda perlu mencari tahu dulu apa penyakit Anda sebenarnya, bukan melakukan diagnosis sendiri dan kemudian minum obat tanpa resep dokter. Berikut adalah beberapa bahaya dari minum obat tanpa resep dokter.

1. Kerusakan hati

Parasetamol merupakan salah satu obat yang dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah. Jika Anda memiliki penyakit hati, maka hindari acetaminophen.

2. Kerusakan ginjal

Obat yang dikonsumsi tanpa konsultasi dokter dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Contohnya, obat seperti nimesulide dapat menyebabkan perdarahan ginjal.

3. Syok anafilaktik

Ini adalah reaksi alergi yang parah terhadap suatu obat. Beberapa orang bereaksi terhadap obat dengan cara yang berbeda-beda. Gejalanya termasuk peningkatan denyut jantung, menurunkan tekanan darah, pingsan, lemas, dan bahkan kematian.

4. Memperparah penyakit

Minum obat tanpa resep dokter dapat meningkatkan keparahan penyakit. Sebagai contoh, jika Anda menderita diabetes dan kemudian Anda mengambil obat steroid untuk mengobati peradangan atau nyeri, maka obat itu dapat memperburuk diabetes Anda.

5. Resistensi obat

Hampir semua bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik. Jika Anda mengambil antibiotik sendiri tanpa mengetahui apa jenis infeksi yang menyerang Anda, maka bakteri tersebut akan tetap berada dalam tubuh dan menjadi kebal terhadap obat.

Inilah lima bahaya mengonsumsi obat tanpa resep dokter atau tanpa terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter.(mc)


Gampang sakit? Hati-hati IQ bisa turun!

 Gampang sakit? Hati-hati IQ bisa turun!

Ilustrasi flu. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Creativa Images

 - Temuan terbaru menunjukkan bahwa infeksi ringan pada tubuh dapat memiliki efek besar pada otak yang menyebabkan penurunan IQ.

Peneliti Denmark mengatakan bahwa ada kaitan yang sangat erat antara infeksi tubuh dan kerusakan otak. Semakin parah infeksi, semakin buruk pula kerusakan yang terjadi di otak.

Menurut para peneliti, infeksi ringan di tubuh dapat merusak IQ seseorang selama beberapa tahun. Mereka juga menemukan bahwa orang yang dirawat di rumah sakit karena infeksi memiliki skor IQ 1,76 lebih rendah. Dan orang-orang yang menderita lima infeksi serius memiliki skor IQ 9,44 lebih rendah.

Sebagaimana dilansir Daily Mail (20/5), para peneliti mengatakan bahwa studi ini adalah yang terbesar dari jenisnya sampai saat ini, dan itu menunjukkan korelasi yang jelas antara tingkat infeksi dan terganggunya kemampuan mental seseorang.

"Infeksi tidak hanya mempengaruhi otak secara langsung, tetapi juga melalui mempengaruhi kemampuan mental kita," kata Dr Michael Eriksen Benros dari University of Copenhagen.

Dr Michael juga menambahkan bahwa infeksi sebelumnya dikaitkan dengan depresi dan skizofrenia, dan telah terbukti mempengaruhi kemampuan kognitif pasien yang menderita demensia.

"Kami melihat bahwa otak dipengaruhi oleh segala jenis infeksi," lanjutnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE, dan melibatkan 190.000 orang Denmark yang lahir antara tahun 1974 dan 1994. IQ mereka dicatatd dari tahun 2006 sampai 2012.(mc)
 ARTIS

Bukan pacar, justru ini yang sulit ditinggalkan Taylor Swift



Bukan pacar, justru ini yang sulit ditinggalkan Taylor Swift

- Sebagai salah satu penyanyi beken internasional, Taylor Swift tentunya disibukkan dengan agenda tur hingga ke berbagai belahan dunia. Pelantun lagu Back To December ini juga masih ingat betul bagaimana perjuangannya saat mulai meniti karir.
Saat itu, Taylor Swift harus rela berkeliling dunia untuk melakoni jadwal tur yang padat hampir selama 3 bulan. Melakoni sebuah tur dunia memang salah satu cara paling efektif agar makin dikenal oleh publik.
"Ketika saya baru memulai karir, aku pergi melakoni selama 3 bulan dan pergi selama 3 bulan juga. Sekarang setelah hampir 10 tahun, kita bisa bermain dalam sebuah acara yang lebih besar. Jadi aku tak harus naik panggung terlalu banyak," ujar Taylor Swift seperti yang dilansir BBC Radio 1.

Seringnya berpergian dalam waktu yang lama tentunya memberikan sebuah perasaan tersendiri bagi Taylor Swift. Ssst, ada satu barang lho yang ternyata sulit banget untuk ditinggalkan ketika dia harus berpergian guna melakoni konser.
Bukan pacar atau keluarga, Taylor Swift justru mengaku sangat sulit ketika meninggalkan kucing peliharaannya sendirian. Yap, mantan kekasih Harry Styles ini memang dikenal sebagai pecinta kucing berat.
"Hal ini (tur) tidaklah berat. Ada yang lebih sulit dari itu. Aku harus meninggalkan kucingku ketika aku pergi, itu adalah bagian paling berat," pungkas Taylor Swift yang juga baru saja merilis klip Bad Blood.
(bil/a   (mc)

Ussy Sulistiawaty: Buku kisah cinta saya berani bicara jujur


Ussy Sulistiawaty: Buku kisah cinta saya berani bicara jujur
Ussy Sulistiawaty - Andhika Pratama/Kapanlagi.com/Bayu Herdianto
 - Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama akhirnya merilis buku kisah perjalanan cintanya yang berjudul Bukan Cinta Cinderella pada 22 Mei lalu. Meski baru resmi diluncurkan di toko buku pada 7 Juni nanti, nampaknya kisah dalam buku ini perlu disimak dan dinantikan.
Ide membuat buku ini berawal dari media sosial. Menurut Ussy, banyak orang yang hanya menilai pencapaiannya sekarang didapat dengan sangat mudah. Padahal sebenarnya kisah cintanya dengan Andhika dibangun dengan perjuangan keras.
"Idenya aku tu kalau punya keinginan kan kepikiran. Banyak di medsos bilang enak banget hidupnya. Aku kayak, 'Hello sebenarnya gak seindah sekarang'. Aku pengen orang tau awal-awalnya gak gini. Pengen sharing itu," ungkap Ussy saat ditemui di Kemang Village, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Seperti yang kita tahu, Ussy dan Andhika sempat mengalami beberapa ganjalan ketika masih berpacaran. Ussy yang lebih tua enam tahun dari Andhika dan statusnya yang sudah pernah menikah sempat kurang bisa diterima diterima di lingkungan sang suami, meski akhirnya bisa menikah pada tahun 2012, setelah kurang lebih lima tahun berpacaran.
"Semua poin besar up and down tidak ada yang ditambahin, jelek, indah ada di sini semua. Sampai sekarang ada di buku ini semua. Buku ini berani jujur. Bercerita apa adanya," ujar wanita 36 tahun ini.
Selain itu, menurut Andhika, buku ini juga menjadi sebuah dukungan moril bagi para pasangan yang mempunyai permasalahan serupa dengan mereka. "Buku ini mungkin bisa menguatkan buat yang juga menghadapi," tandasnya.
(kpl/aal/tch) (mca)



KATA-KATA BIJAK

Orang yang kuat hatinya, Bukan mereka yang tidak pernah menangis, Melainkan Orang yang tetap tegar ketika banyak Orang menyakitinya.
Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tidak pernah melebihi batas kemampuan kamu.
Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.
Jangan menyerah atas impianmu, impian memberimu tujuan hidup. Ingatlah, sukses bukan kunci kebahagiaan, kebahagiaanlah kunci sukses. Semangat !
Jangan iri atas keberhasilan oranglain, karena kamu tidak mengetahui apa yang telah ia korbankan ununtuk mencapai keberhasilannya itu.

sumber http://www.diakui.com/kata-kata-bijak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar