SUARA INFORMASI MASYARAKAT

SUARA INFORMASI MASYARAKAT

Rabu, 27 Mei 2015

Gubsu Serahkan- Pelaku Uang Palsu- M-3- Jokowi



DPR: Gaji Dirjen Pajak Sudah Rp 100 Juta, Kok Target Tak Tercapai?

Jakarta (MPO)-Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebutkan, penerimaan pajak tahun ini tidak akan bisa mencapai target Rp 1.295 triliun. Hal ini membuat anggota Komisi XI DPR kecewa.

Pasalnya, dalam pembahasan Anggaran Pe‎ndapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015, disepakati pemberian tambahan tunjangan untuk para pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Bahkan gaji Dirjen Pajak mencapai Rp 100 juta/bulan.

"Kita kan sudah tahu ada tambahan tunjangan. Setelah ditambah, efeknya mana?" ungkap Anggota Komisi XI, Rudi Hartono Bangun, dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/5/2015)

Menurut Rudi, bila diketahui target pajak bakal tidak tercapai, seharusnya tidak ada penambahan tunjangan.

"Harusnya kan ada reward and punishment. Kalau tak berhasil, tapi juga diberi, ya mereka nanti tidur saja," tegasnya.(dtn)

(mkl/dnl)

Di Depan DPR, Menkeu Pesimistis Target Pajak Rp 1.295 Triliun Tercapai

 Jakarta (MPO)  -Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro telah menyiapkan skenario akhir Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015. Target penerimaan pajak Rp 1.295 triliun diprediksi akan tercapai 100%.

"Ada potensi risiko fiskal. Paling jelas, penerimaan perpajakan lebih rendah dari yang ditargetkan. Kami sudah hitung dengan skenario pesimistis. Penerimaan pajak shortfall-nya (kekurangannya) Rp 120 triliun" ungkap Bambang, dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Sampai 22 Mei 2015, realisasi penerimaan pajak penghasilan (PPh) non migas adalah ‎Rp 354,4 triliun atau 27,7% dari target, PPh migas Rp 17,2 triliun, dan PPN Rp 127,2 triliun.

"Saya melihat ada kenaikan yang cukup signifikan setelah bulan Maret sampai sekarang. Sampai akhir Maret‎ itu cuma Rp 198 triliun, dan dari awal April sampai dengan 22 Mei itu sudah bertambah Rp 200 triliun," jelasnya.

Sementara untuk belanja negara, diperkirakan hanya akan terealisasi 92% dari total belanja Kementerian Lembaga (K/L) pada APBN-P 2015, yang mencapai Rp 795,5 triliun. Menurut Bambang, ini merupakan kondisi alamiah yang terjadi setiap tahun.

"Kalau belanja tahun lalu bisa mencapai 95%, itu memang karena habis di subsidi BBM. Tapi kalau sekarang dengan 92% itu‎ merupakan andil dari belanja barang dan belanja modal," tukasnya.

Sehingga defisit anggaran, diperkirakan tetap terjaga pada rentang 1,9-2,2% terhadap PDB, atau sama seperti tahun sebelumnya.

"Outlook (proyeksi) tersebut kami bisa sampaikan bahwa secara umum outlook dari APBN-P masih aman dan terkelola. Perkiraan defisitnya dalam rentang 1,9- 2,2%. Memang masih ada pelebaran defisit tapi sama seperti tahun lalu," kata Bambang.(dtf)
(mkl/dnl)

Rencana Pemerintah Jokowi, Karyawan Bergaji Rp 3 Juta/Bulan Tak Kena Pajak

 
Jakarta (MPO)  -Pemerintah pimpinan Joko Widodo (Jokowi) berencana menaikkan tingkat pendapatan tidak kena pajak (PTKP). Saat ini batas atas PTKP adalah Rp 24,3 juta/tahun.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, usulannya PTKP akan dinaikkan menjadi Rp 36 juta/tahun. Jadi karyawan dengan gaji maksimal Rp 36 juta/tahun, atau Rp 3 juta/bulan tidak kena pajak.

"Sudah ada yang UMP (Upah Minimum Provinsi) mendekati Rp 3 juta, karena itu usulannya kita akan naikkan menjadi Rp 36 juta, secara umum ini akan menambah daya beli," ujar Bambang di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Jadi, alasan utama rencana menaikkan PTKP ini adalah tingkat UMP yang saat ini sudah naik, hampir di setiap provinsi.

(dnl/hen) (dtf)




Enam Pelaku Pembuat Uang Palsu Dibekuk di Mampang Prapatan


Jakarta (mpo)- Peredaran uang palsu terjadi lagi di Jakarta Selatan. Kali ini, 6 orang pembuat uang palsu ditangkap saat sedang memproduksi barang tersebut di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kasus ini tercium aparat kepolisian setelah adanya laporan dari masyarakat tentang aktivitas mencurigakan di sebuah rumah di kawasan Mampang Prapatan.‎ Setelah diselidiki ternyata di rumah tersebut terjadi aktivitas produksi uang palsu.

"Penggerebekan dilakukan pada Selasa, 26 Mei. Enam pelaku yang diamankan berinisial ‎MA, AH, SA, CH, JUM, dan AZ," ujar Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Pol Wahyu Hadiningrat, dalam keterangannya, Rabu (27/5/2015).

Saat rumah tersebut digerebek, polisi menemukan 194 lembar pecahan uang palsu dengan nominal Rp 100 ribu senilai Rp 19,4 juta. Menurut Wahyu, ke-194 lembar uang palsu ini baru di produksi keenam pelaku selama 2 hari. Uang itu belum sempat diedarkan ke masyarakat.

"Ini belum sempat diedarkan. Di TKP, lembaran uang palsu itu, ada yang belum jadi dan ada yang lagi di potong-potong mau di buat," kata dia.

Wahyu melanjutkan ratusan lembar uang palsu itu dibuat menggunakan bahan dasar dari kertas roti. Kertas roti itu lalu di scanning menggunakan uang asli dan dibentuk sebagaimana uang asli.

"Bahan dasarnya kertas roti yang di scanning uang asli. Kertas roti masing-masing muka depan dan belakang di scanning. Setelah jadi, ditarik benang. Benangnya juga dari benang bungkus kado. Kemudian dilakukan pengepresan," kata Wahyu.

Saat penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa alat printer, laptop, tinta, alat sablon, alat pres, cairan kimia, dan pecahan uang palsu. "Pelaku kami jerat pasal berlapis, pasal 37, pasal 27, dan pasal 244 KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup," ujarnya.(dtn)
Rantau Selatan, Labuhan Batu Kecamatan Terbaik

Gubernur Serahkan Tunggul Kecamatan Terbaik


Gubernur Serahkan Tunggul Kecamatan Terbaik
Rantau Prapat,(MPO)
Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si menyerahkan tunggul kecamatan terbaik kepada Camat Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu yang berdasarkan penilaian telah memberi layanan terbaik kepada masyarakat di Sumatera Utara. Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Provinsi Sumut  dilaksanakan di lapangan Ika Bina Jalan WR Supratman Rantau Prapat, Labuhan Batu, Senin (25/5).

Hadir pada acara tersebut Bupati Labuhan Batu Tigor Siregar, Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen Edy Rahmayadi, Komando Koramil 08 Rantau Prapat Lettu Inf Bachtiar Siagian, Kepala Satuan Binmas Polres Labuhanbatu AKP Syahril M, Ketua TP PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, para Asisten Pemprovsu, Bupati Labura , Bupati Asahan, Bupati Batubara serta sejumlah FKPD Kabupaten Labuhan Batu.

 "Pelayanan seperti Kecamatan ini harus dicontoh oleh kecamatan lain se Sumatera Utara," imbuh Gubernur dalam sambutannya.
Penyerahan tunggul kecamatan berdasarkan SK Gubernur Sumatera Utara no 188.44/1127/KPTS/2014 tertanggal 30 Desember 2014 menetapkan kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu sebagai juara terbaik Kecamatan se Sumut disusul Kecamatan Medan Timur Kota Medan Juara 2, Kecamatan

Sunggal Kabupaten Deli Serdang Juara ke 3. Sementara Juara harapan 1 Kecamatan Angkola Barat Tapsel, Kecamatan Tanam Pinem dan juara 3 Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara.
Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si menyatakan agar pelayanan kepada masyarakat agar dimaksimalkan mulai dari daerah hingga kepada pusat untuk mewujudkan kesejahteraan.

Gubsu mengatakan dengan memberi pelayanan prima ke masyarakat pastinya akan mensejahterakan, mulai dari pendidikan, ekonomi hingga kesehatan. "Sebagai pemimpin sudah selayaknya kita memberi pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup," paparnya.
Selain memberi penghargaan Tunggul Kecamatan terbaik, orang pertama Sumut ini memberi tanda penghargaan kepada Komandan Koramil 08 Rantauprapat Lettu Inf Bactiar Siagian dan Kepala Satuan Binmas Polres Labuhan Batu AKP Syahril M, yang telah memberikan penilailan Kecamatan Tingkat Provsu Sumut Utara Anggaran 2014.

Pada kesempatan itu Bupati Labuhan Batu Tigor Siregar mengatakan sebagai kabupaten yang kecamatannya mendapat juara pertama merasa bangga .
Menurutnya, prestasi itu bukan hal yang mudah untuk diraih tetapi merupakan hasil kerja keras yang telah dilaksanakan selama ini. Tentunya melibatkan semua potensi yang ada dan melalui tahapan seleksi yang sangat kompetitif dengan menyisihkan kecamatan-kecamatan terbaik lainnya.

Dalam kesempatan itu juga Tigor mengatakan sebelum Kecamatan Rantau Selatan meraih penghargaan, bidang lain seperti Perpustakaan Umum Kecamatan terbaik tingkat provinsi. " Hingga dalam kurun waktu yang tak terlalu lama kecamatan ini telah dua kali menerima penghargaan terbaik pertama di Provinsi,"jelasnya.

Sementara mengacu arahan Gubsu agar camat terbaik diberi kerpercayaan untuk menduduki eselon II. Dan Camat terbaik Ikramsyah Putra Nasution telah diberikan amanah sebagai Kepala Dinas Perindustrian Perdagang, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Kabupaten Labuhanbatu.
Lebih lanjut selain memperoleh kecamatan terbaik, Labuhan Batu ,Tigor menyampaikan sebanyak 662 siswa-siswi telah diterima melalui jalur undangan di berbagai PTN seluruh Nusantara. Melalui prestasi tersebut Pemkab memberikan Beasiswa bagi seluruh siswa-siswi terbaik baik melalui jalur undangan maupun jalur seleksi dan program ini sudah berlangsung selama 3 tahun.

Tak hanya itu Tigor mengatakan Pemkab dari 1500 anak didik setingkat sekolah dasar di Labuhan Batu sekitar 1000 sudah belajar mengaji di sekolaah Madrasah Diniah atau Mesjid. "Kita targetkan bagi lulusan SD harus mampu mengaji, dan kegiatan ini sudah berlangsung selama 3 tahun,"ujarnya(dks)

Sutias Saksikan Wisuda Akbar 300 Siswa Paud Se Kota Medan

Sutias Saksikan Wisuda Akbar 300 Siswa Paud Se Kota Medan
Medan,(MPO)
Sebanyak 300 siswa dan siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAud) se Kota Medan mengikuti prosesi wisuda bertempat di hotel Asean Jln Adam Malik Medan, Minggu (24/5). Acara Wisuda Akbar Paud tersebut diselenggarakan Forum Paud Terpadu (FPT) disaksikan Bunda Paud Sumut Hj. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho.
 Hadir Anggota DPRD Sumut Fraksi PKS Ikrimah Hamidi , Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal dan Pendidikan Anak Usia Dini (FNFI dan PAUD) Disdik Provsu Hj. Yulheni MPd serta Ketua FPT Doni Hardiani Siregar.

Dalam kesempatan itu Sutias menyampaikan wisudawan Paud tersebut merupakan generasi penerus yang kelak mengantikan para orang tuanya. Maka pentingnya bekal yang baik diberikan sejak usia dini. "Usia 0 sampai 6 tahun merupakan masa emas anak-anak, dengan memberi pendidikan baik tentu akan menjadi bekal dimasa mendapat,"papar Sutias.

Tak hanya itu Sutias juga berpesan agar mendidik anak-anak lebih baik dari masa kita. "Agar orang tua tidak melepaskan begitu saja pendidikan di lembaga sekolah tapi pentingnya peran orang tua untuk tumbuh kembang anak. Pada kesempatan itu Ikrimah sebagai pembina FPT, juga berharap untuk terus memberi motivasi kepada anak-anak. Misalnya dari ucapan dan sebutan agar anak-anak nyaman dan merasa dibutuhkan

"Panggil atau sebutlah dengan hal yang baik untuk motivasi anak, misalnya anak soleh/soleha, cerdas dan sehat, sehingga anak itu menjadi bahagia dan bisa menjalani hidup baik untuk menata masa depannya,"jelasnya.(dks)


Motivasi Guru TK Berikan Pengabdian Terbaik

Ny. Sutias dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Rayakan HUT Bersama


Ny. Sutias dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Rayakan HUT Bersama
Medan,(MPO)
Ratusan guru-guru taman kanak-kanak yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI)  merayakan HUT organisasi tersebut bersama dengan Hj. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho yang juga berulangtahun, Selasa (26/5) di gedung CNI Jalan Asrama Medan.
Acara yang diselenggarakan IGTKI Kota Medan dihadiri Kabid PNFI dan PAUD Disdik Provsu Hj Yulheni MPd,  Ketua IGTKI Sumut Erna Kusmita, Ketua IGTKI Medan Rahmi, Kepala Cabang CNI Ruslan, Asisten Kesejahteraan Masyarakat Pemko Medan Erwin Lubis, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Poldasu AKBP Sujarno.

Pada kesempatan itu  Ketua IGTKI Kota Medan juga menyampaikan bahwa tanggal 22 Mei yang merupakan Hut IGTKI juga bertempatan hari kelahiran Sutias yang tahun ini ke 51. Bunda Paud Sumut itu pun kemudian didaulat memotong kue ulang tahun.
Karena disinggung hari kelahiran, Sutias tak hanya mengucapkan terima kasih. Juga menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi kepada IGTKI karena guru TK yang membangun karakter para anak usia dini.

Sutias juga menyampaikan karakter anak bangsa dibangun tak hanya di lingkungan rumah juga di tempat pendidikan. Dan untuk itu perlunya peran antara orang tua dan guru untuk pendidikan anak-anak sebagai generasi penerus.

Selain itu Sutias berkata saat ini sedang dibahas anggaran yang berkaitan kesejahteraan para guru. Mengingat sampai saat ini kesejahteraan para guru TK sangatlah minim, "Tapi karena keikhlasan
juga keingin untuk membentuk karakter baik dan berakhlak baik, para guru-guru yang gajinya sangat kecil tetap semangat mengajar anak-anak kita. Semoga usulan tentang tunjangan guru bisa disetujui dan membantu para guru-guru,"jelasnya.

Sementara kata sambutan Erna Kusmita, di usia ke 65 tahun bila usia muda IGTKI dikatakan telah berusia lanjut, namun untuk ukuran suatu lembaga IGTKI semakin berkibar dan eksis , untuk tetap bersinergi berkomitmen meningkatkan pendidikan anak-anak .

Ruslan, Kacap CNI menyatakan akan mendukun  anak-anak  muda. Maka selain mendidik anak di rumah juga peran para guru sangat penting, sebagai tanggung jawab ,pembentukan aklak, mental, karakter dan semangat.(dks)


SUMUT TUAN RUMAH PAMFILA 2016

SUMUT TUAN RUMAH PAMFILA 2016Medan,(MPO)
Provinsi Sumatera Utara direncanakan menjadi tuan rumah Pameran Filateli Tingkat Nasional pada tahun 2016 dari 3 agenda kegiatan Nasional, salah satunya diselenggarakan di Sumut. Hal ini menjadi notulen pada Rapat Koordinasi Filateli bersama PD FFI, Perwakilan PT. Pos dan MAN 1 Medan di ruang rapat Kadis Kominfo Provsu, Selasa (26/5)

Rapat yang dipimpin Kepala Dinas Kominfo Provsu Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum diwakili Kabid Postel Gelora Viva Sinulingga, SE, MM dan turut serta didampingi Kasi Analisa Data dan Informasi, Dra. Mahernita Tarigan, Kasi Pos dan Telekomunikasi, Yusran Murad Lubis, SH, Kasi Subbag Program, Maiderhana Nasution, SP mengatakan pertemuan ini bertujuan mengembangkan penyediaan dan pemanfaatan perangko sebagai benda Filateli secara berkesinambungan.

Selain menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap perangko, pameran filateli inii diharapakan memberikan pemahaman kepada generasi muda akan makna arti sebuah perangko dari suatu negara baik dari segi sejarah, budaya  bahkan kegiatan maupun politik.  Pertemuan tersebut juga menyimpulkan perlu adanya tindak lanjut Pembekalan Peraturan Perundang-undangan untuk optimalisasi kegiatan Filateli di

Sumatera Utara dengan melaksankan pelatihan serta sosialisasi pengembangan filateli bagi generasi muda agar mereka memahami filateli sejak dini.
Mengingat Filateli sebagai suatu kegiatan di luar sekolah mengandung aspek pendidikan dan berdampak positif bagi pendidikan dan pengembangan watak generasi muda bangsa oleh karena itu PFI berkewajiban untuk berperan serta aktif membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan nasional di bidang pembinaan dan pengembangan generasi muda melalui kegiatan filateli. (PIP) (dks)

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------
  Mei  Ketiga   2015



Dengan Membayar PKB Dan BBN-Kenderaan Bermotor Anda,Tepat Waktu, Berarti Turut    Menunjang Pembangunan di Sumatera Utara
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


KESEHATAN

Jangan pernah remehkan gejala infeksi saluran kemih!

Jangan pernah remehkan gejala infeksi saluran kemih!

ilustrasi infeksi saluran kemih. © healthmuep.com


 - Infeksi saluran kemih adalah kondisi yang sering dialami wanita dan menjadi yang paling menyakitkan ketiga setelah melahirkan dan menstruasi. Untuk itu, Anda diharapkan dapat menghindari hal tersebut.

Kunci pertama adalah jangan pernah menganggapnya sebagai sesuatu yang musiman. Artinya kebanyakan wanita sering menanggapi itu sebagai hal biasa. Faktanya hal ini dapat berakibat fatal di masa depan.

Menurut lansiran Helath Me Up (27/05), ada banyak penyebab yang membuat wanita mengalami infeksi saluran kemih, di antaranya adalah menahan kencing dalam yang lama, batu ginjal, diabetes, tidak membersihkan Mrs. V setelah buang air, hubungan seksual, dan lain sebagainya.

Di banding pria, wanita lebih rentan terjangkit penyakit ini karena memiliki uretra yang lebih pendek. Sehingga memungkinkan bakteri mudah masuk ke kandung kemih. Banyaknya bakteri dan jamur yang menempel di dinding saluran kemih menyebabkan infeksi.

Sebagian besar dari wanita menopause mengalami infeski saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh esterogen yang bertindak sebagai perisai pelindung terhadap infeksi bakteri tengah mengalami penurunan kinerja. Sehingga sangat rentan mengalami infeksi ini.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Tidak terlalu serius sebenarnya, namun pengobatan sesegera mungkin sangat dianjurkan. Sebab jika dibiarkan akan merambat hingga ke kandung kemih dan bahkan ginjal. Dokter menyarankan untuk periksa sampel urin. Langkah yang paling mudah adalah jangan pernah menahan kencing terlalu lama. Kemudian Anda juga harus buang air kecil sebelum dan setelah berhubungan seks.

Selain itu, Anda juga dapat minum banyak air, untuk mengencerkan urin dan membersihkan bakteri dari saluran kemih sebelum infeksi berkembang. Hindari makanan berminyak dan pedas, kafein, serta alkohol. Cara terakhir adalah meminum obat yangtelah dianjurkan oleh dokter.(mc)

Semoga bermanfaat!

Cari tahu 6 khasiat bawang merah untuk kesehatan!

Cari tahu 6 khasiat bawang merah untuk kesehatan! Ilustrasi bawang merah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/ORLIO

- Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang merah juga sering dipakai untuk mengobati penyakit tertentu. Sama seperti bawang putih, bawang merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja? Berikut adalah enam khasiat bawang merah bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir medicalnewstoday.com.

1. Antibiotik
Bawang memiliki sifat anti-biotik, antiseptik, antimikroba dan dapat membantu Anda menghindari infeksi.

2. Kaya nutrisi
Bawang kaya belerang, serat, kalium, vitamin B, vitamin C. Bawang merah juga rendah lemak, kolesterol dan sodium.

3. Mengobati mimisan
Untuk mengobati mimisan, Anda bisa menghirup bau bawang merah karena itu bisa menghentikan atau memperlambat pendarahan di hidung.

4. Menjaga pencernaan
Bawang dapat meningkatkan sistem pencernaan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, makan bawang merah dapat menyembuhkannya.

5. Menyehatkan jantung
Anda dapat menghapus kolesterol jahat yang menyebabkan masalah jantung dengan makan bawang merah setiap hari.

6. Mengontrol diabetes
Bawang merah dapat meningkatkan insulin dalam tubuh dan juga mengontrol diabetes dengan mengendalikan kadar gula dalam darah.

Inilah enam khasiat bawang merah untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!(MC)

 

Ini alasan Yoga lebih menarik dan cocok untuk masyarakat modern

Ini alasan Yoga lebih menarik dan cocok untuk masyarakat modern
ilustrasi Yoga. © healthmuep.com

 - Pertanyaan yang sering muncul di kalangan masyarakat adalah bagaimana cara menjaga kebugaran dan tetap sehat di era modern yang super 'sibuk' ini? Banyak makanan serta aktivitas yang membuat manusia menjadi tidak sehat dalam menjalani hidup.

Jawabannya adalah Yoga. Ya, Yoga merupakan salah satu solusi terbaik untuk tetap menjaga kebugaran di era saat ini yang semakin kompleks dengan aktivitas padat. Alasan mengapa harus memilih Yoga sebenarnya cukup sederhana. Banyak efek positif yang dihasilkan dengan melakukan Yoga.

Menurut lansiran Health Me Up (26/05), Yoga membantu Anda memahami hubungan antara pikiran, tubuh, dan jiwa. Tak hanya itu, Yoga juga memiliki satu langkah lebih baik ketimbang terapi kesehatan lainnya seperti Pilates, yakni menambahkan suntikan semangat. Bahkan mampu menjelajahi spiritualitas Anda dengan sangat dalam.

Yoga memiliki pendekatan yang lebih holistik, sehingga tidak hanya memperkuat otot-otot, jaringan, dan ligamen, namun juga meningkatkan fleksibilitas Anda. Hal tersebut juga meringankan nyeri lutut, meningkatkan pencernaan, menghilangkan stress, meningkatkan kualitas tidur, dan masih banyak lagi. Bahkan Yoga juga mampu meningkatkan kesehatan mental, menjaga kadar depresi dan kecemasan Anda.

Tak hanya itu, Yoga memiliki teknik pernapasan yang lebih maju dan berkembang ketimbang Pilates, misalnya. Jadi, Anda masih ragu untuk melakukan Yoga? (mc)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar